Senin 16 Mar 2020 11:05 WIB

Dewan Muslim Inggris Imbau Jamaah Tetap di Rumah

Komisi HAM Islam Inggris ingin semua masjid ditutup.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Dewan Muslim Inggris Imbau Jamaah Tetap di Rumah Masjid Exeter di Devon, Inggris.(The Telegraph)
Foto: The Telegraph
Dewan Muslim Inggris Imbau Jamaah Tetap di Rumah Masjid Exeter di Devon, Inggris.(The Telegraph)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ketua Komisi Hak Asasi Manusia Islam atau Islamic Human Rights Commission (IHRC) di Inggris menyebut para pemimpin Muslim gagal memimpin krisis virus corona. Ia bersikeras semua masjid harus ditutup untuk mencegah penyebaran penyakit.

Masjid-masjid di seluruh negeri, termasuk Dewan Muslim Inggris, telah mengikuti saran pemerintah. Mereka menyarankan jamaah tetap tinggal di rumah jika memungkinkan dan mengikuti pedoman kebersihan yang ada. Namun, hingga saat ini mereka belum meminta untuk menutup masjid.

Baca Juga

Ketua IHRC Massoud Shadjareh mengatakan kondisi saat ini tidak cukup baik. Masjid dan organisasi Muslim harus menunjukkan kepemimpinan tentang masalah ini.

"Saya pikir komunitas kami perlu bangkit untuk kesempatan ini. Salah satu tanggung jawab pertama yang kita miliki adalah menjaga komunitas kita dan meminimalkan risiko orang terinfeksi. Kita harus menjaga yang paling rentan, orang tua, dan mereka yang memiliki kondisi riwayat penyakit sebelumnya," ujar Shadjareh dikutip di 5 Pillars UK, Senin (16/3).