Selasa 31 Mar 2020 21:31 WIB

Sidoarjo Cari Tempat Perawatan Alternatif Pasien Corona

Dinkes Kabupaten Sidoarjo menyebut RS rujukan rata-rata hanya tampung enam pasien.

Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .
Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, mencari tempat perawatan alternatif untuk pasien corona jenis baru atau Covid-19 di wilayah setempat. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarmadi Sidoarjo, Selasa (31/3) mengatakan rata-rata tiap rumah sakit rujukan hanya mampu menampung enam pasien.

"Selebihnya dilakukan isolasi mandiri bagi pasien PDP dengan kondisi kesehatan yang masih baik, sedangkan pasien PDP yang kondisinya rentan akan dirawat di rumah sakit rujukan," katanya di sela melakukan peninjauan lokasi di Puskesmas Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Selasa (31/3).

Ia mengemukakan, Pemkab Sidoarjo saat ini mengupayakan tempat perawatan alternatif untuk penanganan pasien PDP yang jumlahnya sudah mencapai puluhan.

Ia mengatakan, ada tiga tempat yang sedang dalam pengecekan, pertama puskesmas Sidodadidi Kecamatan Candi. Puskesmas ini kondisinya masih baru selesai dibangun dan belum dipergunakan sama sekali dengan kapasitas 30 kamar yang tersedia.