Rabu 13 May 2020 14:22 WIB

Pantai-Pantai di Kalifornia AS akan Kembali Dibuka

Kalifornia melonggarkan kebijakan pembatasan setelah dua bulan.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Kapal pesiar Grand Princess bersandar di Pelabuhan Oakland, Kalifornia, Selasa (10/3).
Foto: KGO-TV via AP
Kapal pesiar Grand Princess bersandar di Pelabuhan Oakland, Kalifornia, Selasa (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Pantai-pantai yang ada di Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat (AS) akan dibuka kembali pada Rabu (13/5). Langkah itu ditetapkan menyusul pelonggaran aturan pembatasan yang mulai diberlakukan. 

Selama hampir dua bulan terakhir, tepatnya sejak 19 Maret lalu, Kalifornia menjadi salah satu negara bagian di AS yang memberlakukan lockdown untuk mengendalikan penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19). Pelonggaran yang dilakukan akan memungkinkan sejumlah bisnis dibuka kembali, termasuk area-area publik.

Baca Juga

Pantai-pantai di Los Angeles yang berada di sepanjang 75 mil (120,7 kilometer) dari garis pantai adalah yang akan mulai dibuka kembali, namun tetap dengan aturan jarak sosial yang harus dipatuhi untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus lebih lanjut. Beberapa pejabat wilayah di Kalifornia juga memperingatkan area publik ini dapat ditutup kembali, jika masyarakat tidak mematuhi pembatasan yang ditetapkan. 

“Tolong jangan pergi ke pantai untuk berada di sana dalam waktu lama selama tahap pertama ini,” ujar Wali Kota Redondo Beach, Bill Brand dalam sebuah pengumuman melalui jejaring sosial Facebook.