Jumat 22 May 2020 03:41 WIB

Ibn Zuhr, Dokter Muslim yang Pertama Kali Temukan Kanker

Ibn Zuhr bereksperimen dengan hewan sebelum menerapkan metodenya pada manusia.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Ibn Zuhr, Dokter Muslim yang Pertama Kali Temukan Kanker. Ilustrasi
Foto:

Dilahirkan di Sevilla, Spanyol pada 1091, Zuhr berasal dari keluarga ahli hukum, dokter, dan orang-orang berpendidikan lainnya. Ia mempelajari hukum Islam, teologi, dan sastra, hingga sang ayah, Abu Ala mengarahkannya untuk pendidikan dokter. 

Zuhr meninggal pada 1162 di Sevilla. Pesan terakhir yang ditinggalkan olehnya menunjukkan ia beriman terhadap Tuhan dan apa yang diharapkannya sebelum menutup usia adalah menuliskan garis-garis dan kata-kata di makamnya. 

"Berdiri dan renungkan! Saya melihat tempat kita semua didorong. Bumi kuburan menutupi pipi saya, karena saya tidak pernah menginjak permukaannya. Saya memperlakukan orang untuk menyelamatkan mereka dari kematian, namun di sinilah saya, membawanya ke sana sendiri." 

Kerendahan hati Zuhr seharusnya tidak disalahartikan karena ketidakpuasan ilmiahnya. Karyanya di bidang kedokteran tetap populer di antara universitas-universitas Barat terkemuka selama lebih dari 500 tahun.

Alasan utama dokter abad ke-13 Ibn Al-Quff dan Al-Baghdadi mulai menggunakan prosedur trakeotomi adalah karena percobaan Zuhr yang sukses dalam melakukan metode bedah pada kambing dan kemudian dilakukan pada manusia. Prosedur ini menjadi landasan percobaan ilmiah terorganisir, yang diilhami oleh uji coba monyet Al Razi (Rhazes) pada abad ke-9. Razi memberikan dosis kecil merkuri kepada monyet untuk memeriksa toksisitas bahan kimia untuk digunakan manusia.

Zuhr melangkah lebih jauh, melakukan pemeriksaan post mortem pada domba dalam perjalanan penelitian klinisnya pada pengobatan penyakit paru-paru yang membusuk. Sadar akan kerumitan prosedur semacam itu, ia menegaskan agar program pelatihan terstruktur bagi para ahli bedah potensial dilakukan dan dengan keras menentang dukun, yang biasa ada pada masa itu. Ia pun berhasil menggambar benang merah untuk dokter.

Sebagai seorang dokter yang inovatif, Zuhr juga dikenal meyakini Galenis (Claudius Galenus), salah satu dokter paling terkenal di Kekaisaran Romawi. Namun Zuhr menjauh dari fokus teoritis Galen dan menghabiskan banyak waktu untuk praktik medis eksperimental dan terapeutik.

Karya Zuhr adalah campuran dari teori-teori Hipokrates dan Galenic bersama dengan pengamatan aslinya, serta wawasan yang berasal dari tradisi keluarga yang mengenal baik bidang kedokteran. Beberapa anekdot tentang kesalehan, kedermawanan, keterampilan medis, dan orisinalitas perawatannya dipertahankan dalam karyanya sendiri dan oleh penulis biografinya.

Salah satu ensiklopedia medis dari Zuhr yang paling banyak dibaca, adalah Al-Taysir, diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani oleh John dari Capua dengan nama Alteisir scilicet regiminis et medelae. Ensiklopedia ini dicetak ulang lebih dari 10 kali hingga abad ke-16 dan menjadi buku teks di universitas kedokteran. Buku ini tetap populer selama Abad Pertengahan dengan menginspirasi dan mempengaruhi perkembangan kedokteran Barat.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ ۗ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗوَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا
Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. An-Nisa' ayat 34)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement