Kamis 04 Jun 2020 09:16 WIB

56 Film Lolos Seleksi Cannes Film Festival 2020

Sekuel film Train to Busan, Peninsula, berhasil lolos seleksi.

Salah satu adegan di film The French Dispatch.
Foto: Indian Painbrush/American Empirical Pictures
Salah satu adegan di film The French Dispatch.

REPUBLIKA.CO.ID, CANNES -- Panitia Cannes Film Festival telah menentukan daftar film yang berhak menyandang predikat Official Selection Cannes 2020. Ada 56 judul film berhasil lolos seleksi dewan juri.

Dari daftar tersebut, terdaftar dua film dari Korea Selatan (Korsel) yang masuk seleksi. Salah satunya Peninsula, yang merupakan sekuel Train to Busan 2 karya sutradara Yeon Sang-ho.

Dalam laman resminya, Direktur Cannes, Thierry Fremaux, mengatakan ke-56 judul ini dipilih dari 2.067 judul film yang mendaftar. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pada 2019 sebanyak 1.845 film, 2018 sebanyak 1.916 film, dan pada 2017 sebanyak 1.885 film.

"Ini adalah pertama kalinya jumlah film yang diserahkan ke Cannes melebihi 2.000 judul," ujarnya, Rabu (3/6) waktu setempat.

Menurut dia, pandemi Covid-19 dan perlambatan dalam proses pascaproduksi tidak menjadi halangan para sineas mengirimkan karya untuk diseleksi. Film-film yang diseleksi tahun ini berasal dari 147 negara. Tahun lalu, film hanya datang dari 138 negara.

Fremaux mengatakan seleksi terhadap film yang masuk dilakukan oleh para sineas, produser, dan distributor film. Mereka yang memutuskan film mana yang mampu menghadapi ketidakpastian industri di tengah pandemi dengan berkomitmen merilis film pada musim dingin 2021.

Untuk itu, seleksi 2020 ini mencerminkan keinginan Cannes Film Festival untuk memusatkan perhatian pada film yang mencoba menjangkau penonton. "Untuk kriteria seleksi kami yang biasa, tidak terdefinisi dengan jelas (kadang-kadang tidak terlalu banyak). Kami hanya bertanya, Apakah ini film untuk Cannes? Kami terkadang menambahkan pertanyaan ini, Bukankah ini film yang sempurna untuk membuat orang kembali ke bioskop?," kata Fremaux.

Sebanyak 56 judul film ini digolongkan menjadi beberapa kategori, yakni The Faithful, New Venues, Sketch Film, First Movies, Documentaries, Comedies, dan Animated Movies.

Dalam kategori The Faithful, film berjudul The French Dispatch karya Wes Anderson dari Amerika Serikat (AS) ada di urutan paling atas dalam daftar. Sementara itu, dua film dari Negeri Ginseng terpilih menjadi bagian hasil seleksi dewan juri dalam kategori tersebut yakni Peninsula dan Heaven: To The Land of Happiness karya sutradara Im Sang-soo.

Pada perhelatan sebelumnya, Cannes Film Festival menghadirkan kategori In Competition untuk mendapatkan kemenangan utama Cannes Film Festival, Palme d'Or. Tahun lalu, predikat ini diraih sutradara Korsel, Boong Joon-ho lewat film Parasite.

Pandemi Covid-19 membuat acara fisik Cannes Film Festival 2020 ditiadakan. Meski begitu, 56 film tadi berhak mendapatkan label Cannes 2020. Lebel ini akan terus tertera pada film untuk diputar di berbagai festival film lain di antaranya San Sebastian Film Festival, Toronto International Film Festival, Deauville American Film Festival, Tokyo International Film Festival, New York Film Festival, dan Busan International Film Festival.

Berikut daftar film yang masuk seleksi Cannes FIlm Festival 2020 kategori The Faithful:

1. The French Dispatch karya Wes Anderson (AS)

2. Summer 85 karya Francois Ozon (Prancis)

3. Asa Ga Kuru (True Mothers) karya Naomi Kawase (Jepang)

4. Lovers Rock karya Steve McQueen (Inggris)

5. Mangrove karya Steve McQueen (Inggris)

6. Druk (Another Round) karya Thomas Vinterberg (Denmark)

7. ADN (DNA) karya Maiwenn (Aljazair/Prancis)

8. Last Words karya Jonathan Nossiter (AS)

9. Heaven: To The Land of Happiness karya Im Sang-soo (Korea Selatan)

10. El Olvido Que Seremos karya Fernando Trueba (Spanyol)

11. Peninsula karya Yeon Sang-ho (Korea Selatan)

12. In the Dusk karya Sharunas Bartas (Lithuania)

13. Des Hommes karya Lucas Belvaux (Belgia)

14. The Real Thing karya Koji Fukada (Jepang)

Untuk daftar film selengkapnya bisa dilihat di laman resmi Cannes Film Festival: https://www.festival-cannes.com/fr/infos-communiques/communique/articles/les-films-de-la-selection-officielle-2020

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement