REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan penjualan 2.488 unit mobil pada Juni 2020. Angka ini naik 93 persen dibandingkan penjualan Mei.
Hingga Juni, Honda mencatat lebih dari 50 persen dari total pembelian mobil datang melalui saluran online. Hasil itu menunjukkan tren positif atas pertumbuhan penjualan otomotif di Indonesia yang sempat merosot dalam tiga bulan terakhir karena COVID-19.
"Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, dalam siaran pers, Rabu (8/7).
Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit. Brio memberikan kontribusi hingga 52 persen dari total penjualan seluruh model Honda.
Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V 192 unit dan Honda Mobilio 164 unit. Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord 20 unit, Honda City 14 unit, dan Honda Odyssey 4 unit.
"Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif," kata dia.