Senin 27 Jul 2020 02:30 WIB

Riko: Jadi Kapten Persija Pengalaman Mengesankan

Riko menjadi kapten Persija saat pertandingan melawan Arema.

Red: Endro Yuwanto
Pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengungkapkan pengalamannya menjadi kapten tim asal ibu kota tersebut. Menurutnya, itu merupakan salah satu pengalaman mengesankan bagi dirinya sebagai pesepak bola.

Peristiwa Riko menjadi kapten Persija itu terjadi saat pertandingan melawan Arema di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada November 2019. Saat itu, dua kapten reguler Macan Kemayoran, Andritany Ardhiyasa dan Ismed Sofyan, harus absen.

"Waktu itu saya ditunjuk menjadi kapten beberapa saat sebelum pertandingan. Sebelumnya dengar-dengar saja, tapi saya kurang yakin, karena masih banyak pemain senior lain. Namun ketika diumumkan, saya harus siap dan ini merupakan kepercayaan besar," kata Riko dalam laman resmi klub, Ahad (26/7).

Riko mengaku sempat tidak percaya. "Saya dari kampung akhirnya bisa merasakan menjadi kapten di Persija. Walau hanya satu pertandingan, namun hal itu tetap mengesankan," jelasnya.

Pada laga melawan Arema tersebut, Persija mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. Dalam pandangan Riko, ia telah menunaikan tugasnya sebagai kapten dengan baik, seperti berkomunikasi dengan wasit maupun membakar semangat rekan-rekan setimnya.

Riko berseragam Persija sejak 2018. Ia turut membawa Macan Kemayoran menjuarai Piala Presiden 2018 dan Liga 1 Indonesia 2018. Dengan kecepatan dan kecerdikannya, pemain berdarah Batak itu kerap dijuluki raja assist untuk Persija. Total sejak 2018, Riko telah mencatatkan 18 assist.

Meski demikian, Riko tidak dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup D Zona Asia Juli ini. Untuk pemusatan latihan tersebut, Persija hanya menyumbang Ryuji Utomo, Evan Dimas Darmono, dan Osvaldo Haay.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Anfal ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement