Rabu 05 Aug 2020 21:46 WIB

10 Musisi yang Sukses Berakting Sepanjang Sejarah

Lady Gaga memukau penonton dan kritikus dengan aktingnya yang cukup kuat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Bradley Cooper dan Lady Gaga dalam film A Star Is Born.
Foto: The Wrap
Bradley Cooper dan Lady Gaga dalam film A Star Is Born.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Musisi legendaris Al Jolson ataupun Judy Garland menjadi contoh apik bagaimana karier musik dan akting bisa dijalani bersamaan dengan sukses. Dilansir di laman Screenrant, Rabu (5/8), setidaknya ada 10 selebritas dunia yang sukses menjadi musisi sekaligus aktor atau aktris. Berikut daftarnya:

1. Tupac Shakur

Sudah menjadi penyanyi rap dan penyair sukses, Tupac Shakur mengejutkan para kritikus film dengan kepiawan aktingnya di film Juice pada 1992. Shakur berperan sebagai Bishop, satu dari empat sekawan yang menjelajahi New York. Bishop terjebak dalam nafsunya terhadap uang dan rasa hormat sehingga beralih dari seorang teman yang penuh perasaan menjadi seorang antagonis yang berbahaya. Tupac dianggap berakting secara natural. Dia meninggal dunia pada 1996 di usia 25 tahun.

2. Tom Waits

Tom Waits memerankan sosok yang seolah bernasib sial dan kesepian. Waits dipuji atas aktingnya dalam film. Meski sebagai pemain pendukung, perannya sebagai pencari emas dianggap cukup menonjol.

3. Cher

Cher membuktikan dirinya sebagai aktris yang cakap dalam film Silkwood. Film menceritakan kisah sedih Karen Silkwood (Meryl Streep) yang mengungkap pelanggaran keamanan di pabrik plutonium tempat dia bekerja. Penampilannya mendapat nominasi Oscar pertamanya sebagai aktris pendukung terbaik dan melahirkan karier akting panjang dan sukses.

4. Mary J Blige

Mary J Blige sudah menjadi penyanyi R&B populer, tetapi perannya dalam Mudbound 2017 membuktikan dia memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang aktris. Blige memerankan seorang ibu yang tinggal di Mississippi selatan yang rasis setelah Perang Dunia II. Karakternya merupakan jantung dari film dan mewakili pengorbanan serta perjuangan sebagai wanita kulit hitam di Jim Crow South. Untuk aktingnya yang luar biasa, Blige dinominasikan sebagai aktris pendukung terbaik.

5. Lady Gaga

Lady Gaga memukau penonton dan kritikus dengan aktingnya yang cukup kuat. Dia berperan sebagai penyanyi yang menemukan ketenaran instan sembari jatuh cinta pada orang yang depresi, bunuh diri, serta pecandu alkohol (Bradley Cooper). Keterampilannya menunjukkan akting sejati membuat sang penyanyi dinominasikan sebagai aktris terbaik pada ajang Academy Awards 2019.

6. Dean Martin

Sudah menjadi aktor populer di film komedi, Dean Martin membuktikan dirinya juga bisa menjadi yang terbaik dalam genre lain. Martin berperan sebagai Dude seorang pengacara yang menghadapi suatu masalah dalam film Rio Bravo. Aktingnya mendapatkan ulasan sangat baik dan film ini menjadi hit besar serta dianggap sebagai salah satu film klasik barat. Martin akan melanjutkan kariernya dengan peran yang lebih dramatis.

7. Joan Jett

Joan Jett berperan sebagai saudara perempuan untuk Michael J Fox dan dalam film berjudul Light Of Day garapan Paul Schrader, salah satu penulis skenario terhebat di zamannya. Peran Jett dalam film menampikan esensi kehidupan kota kecil Indiana dan perjuangan untuk membuat sesuatu dari musik yang menyala. Sebagian besar kritikus mengakui kinerja hebat Jetts di film ini.

8. Kris Kristofferson

Sekarang, Kris Kristofferson bisa diakui sebagai salah satu aktor terbaik. Namun dalam perjalanannya, dua filmnya pernah tidak diterima dengan baik. Dalam film Pat Garrett and Billy The Kid (1973), Kristofferson berperan sebagai penjahat terkenal dengan James Coburn sebagai temannya yang dibayar untuk memburunya. Dari sana, bakat aktingnya mulai membuat banyak orang terkejut.

9. Ice Cube

John Singleton memecahkan hambatan dan memukau dunia film dengan drama tahun 1991, Boyz n the Hood. Ice Cube juga mengejutkan penonton dengan penampilannya sebagai Dough Boy, seorang pemuda yang terperangkap dalam dunia kekerasan era 1990-an South Central Los Angeles.

10. Frank Sinatra

Peran dalam film From Here To Eternity membuat Frank Sinatra mengawali karier sebagai aktor yang sukses. Sinatra dengan sempurna memerankan sosok anak jalanan yang terpaksa tumbuh pada hari-hari sebelum serangan di Pearl Harbor. Aktingnya menuai banyak pujian hingga membawanya mendapatkan Piala Oscar untuk aktor pendukung terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement