Selasa 25 Aug 2020 12:54 WIB

Hendra Setiawan dan Berkah Bulan Agustus

Kejuaraan dunia bulu tangkis dan olimpiade memang kerap digelar pada Agustus.

Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra senior Indonesia, Hendra Setiawan (kanan) dan Mohammad Ahsan.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pebulu tangkis ganda putra senior Indonesia, Hendra Setiawan (kanan) dan Mohammad Ahsan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini 25 Agustus 2020, pebulu tangkis Hendra Setiawan tepat berusia 36 tahun, usia yang tidak muda lagi untuk ukuran seorang atlet. Pemain ganda putra yang saat ini berpasangan dengan Mohammad Ahsan dan menempati peringkat dua dunia itu lahir di Pemalang, Jawa Tengah, pada 25 Agustus 1984.

Tapi bukan hanya itu yang menyebabkan bulan Agustus adalah bulan istimewa bagi ayah tiga anak tersebut. Tepat setahun yang lalu, Hendra Setiawan meraih gelar juara dunia untuk keempat kalinya, di usianya yang genap 35 tahun.

Berpasangan dengan Mohammad Ahsan, Hendra mengalahkan ganda putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang usianya lebih muda 10 tahun, dalam laga tiga gim 25-23, 9-21, dan 21-15 pada final di St Jakobshalle, Basel, Swiss.

Kemenangan tersebut menjadi gelar juara dunia yang ketiga kalinya bagi Hendra/Ahsan setelah pada 2013 dan 2015 juga meraih gelar yang sama. Sedang bagi Hendra sendiri, itu adalah gelar juara dunia yang keempat setelah pada 2007 bersama pasangannya dahulu, Markis Kido, meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya, terpaut 12 tahun dari gelarnya yang keempat.