Jumat 11 Sep 2020 14:58 WIB

Amikom Gelar AMICTA 2020 Secara Daring

AMICTA merupakan lomba tahunan yang diadakan Universitas Amikom Yogyakarta

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Malam puncak inagurasi Amikom ICT Award atau Amicta di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta, (ilustrasi). Tahun ini Amicta diselenggarakansecara daring melalui kanal Youtube.
Foto: amikom
Malam puncak inagurasi Amikom ICT Award atau Amicta di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta, (ilustrasi). Tahun ini Amicta diselenggarakansecara daring melalui kanal Youtube.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Malam inagurasi Amikom Innovation, Creativity, Technology, Award (AMICTA) kembali digelar 29 Agustus 2020. Dilaksanakan secara daring, malam inaugurasi ditayangkan langsung di YouTube dan bisa disaksikan masyarakat.

AMICTA merupakan lomba tahunan yang diadakan Universitas Amikom Yogyakarta bagi mahasiswa AMIKOM dan siswa-siswi SMA/SMK/sederajat seluruh Indonesia. Rektor Amikom, Prof. M. Suyanto mengatakan, AMICTA jadi wujud visi Amikom.

"Yakni, untuk menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif berbasis entrepreneurship dan menebar kebajikan," kata Suyanto melalui rilis yang diterima Republika, Jumat (11/9) siang.

Mengusung tema "Tetap Berkreasi dan Berkiprah Walau dari Rumah" AMICTA tahun ini tentu terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab, bersamaan pandemi, sehingga pendaftaran, penjurian sampai inagurasi dilakukan daring.

Steering Commitee AMICTA 2020, Dr. Achmad Fauzi merasa, kondisi ini justru membuktikan konsistensi dan komitmen Amikom itu sendiri. Yang mana, setia melaksanakan wadah kompetisi kreatif seperti AMICTA setiap tahunnnya.

"Meski diadakan pada masa pandemi, ternyata animo peserta masih tinggi untuk mengikuti AMICTA, terbukti dengan ratusan produk dan ide yang didaftarkan untuk berpartisipasi di ajang AMICTA tahun ini," ujar Fauzi.

Berbagai produk dan ide kreatif mendapatkan penghargaan dari masing-masing kategori. Fatima-The New Soul of Qashy dan 2D Animated Short Film Tenderness (animasi), Plastic AI Dan Contactless Vital Monitoring (data mining dan AI).

Soldier of Fortune dan Android Angry Cat (games), Sedulur UMKM dan Dunia Coding (ide bisnis), NetKiddo-Internet Management For Kids dan JOYBOOK (IoT) , Omah Hijab Jogja dan Endora Laundry (P3M), RiverFront Park (desain 3D).

Digiplay dan Nyepeda-Smart Bike Route Mapping (RPL), Rotten dan Film Indie Wayah Surup (short movie), Smart Terminal dan Smart Mulon (sistem informasi) , Killbot dan Sukses_UTBK (start-up), serta SmartTAG dan LaporYuk (TIK).

Kemudian, ada Smart Helmet dan Smart Garden (TTG), Company Profile Addicted dan Winning Academic on Pandemic (video gagasan). Penanggung Jawab AMICTA 2020, Suyatmi berharap, para pemenang tidak cepat puas dan hentikan langkah.

"Tapi, harus terus melakukan inovasi agar produknya bisa memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat maupun dunia industri," kata Suyatmi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement