Selasa 22 Sep 2020 20:39 WIB

Budak Bertanya 'di Mana Allah SWT', Apa Maksudnya Haditsnya?

Hadits budak yang bertanya di mana Allah SWT masih jadi perselisihan.

Red: Nashih Nashrullah
Hadits budak yang bertanya di mana Allah SWT masih jadi perselisihan. Ilustrasi Ibadah Umrah
Foto: EPA/ALI HAIDER
Hadits budak yang bertanya di mana Allah SWT masih jadi perselisihan. Ilustrasi Ibadah Umrah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ustadz Yendri JUnaidi, Lc MA

Polemik tentang ‘dimana Allah’ mungkin tak akan pernah berakhir. Bukan saja karena masing-masing pihak melihat dalil yang menjadi pegangannya lebih kuat, melainkan juga karena ada sentimen dan antipati kelompok yang berperan dalam memperlama umur perdebatan ini. 

Baca Juga

Tidak hanya di tingkat pengikut dan murid, bahkan di tingkat ulama dan tokoh sentral masing-masing pihak pun tak jarang terjadi saling lempar tuduhan dan tanabuz bil alqab dengan mengatakan pihak yang berbeda sebagai muta’ashib, mubtadi’, muta’annit, halik, kadzib, dan kata-kata kasar lainnya yang tak semestinya keluar dari mulut seorang ulama. 

Sebagai sebuah diskusi dan adu argumentasi, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari sebuah perdebatan, bagaimanapun panas dan tajamnya. Karena setiap orang yang memiliki ilmu tentang sesuatu, lalu melihat orang lain berbeda dengannya, biasanya ia akan terdorong untuk meluruskan orang tersebut dan menyampaikan apa yang menurut keyakinannya adalah sesuatu yang benar. Mungkin ia tidak berhasil merubah pola pikir atau pendirian orang yang didebatnya, tapi setidaknya jiwanya terasa lega dan nuraninya tenang ketika ia telah menyampaikan sedikit ilmu yang diketahuinya.