Kamis 08 Oct 2020 09:11 WIB

VW Ambisius Jual Mobil Listrik di Norwegia

VW akan menggantikan mesin diesel dan bensin sepenuhnya ke listrik pada 2023.

Red: Reiny Dwinanda
VW ID.4. Volkswagen yakin dapat mencapai target penjualan mobil listrik sebesar 90 persen di Norwegia pada tahun depan.
Foto: vw
VW ID.4. Volkswagen yakin dapat mencapai target penjualan mobil listrik sebesar 90 persen di Norwegia pada tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen kendaraan asal Jerman, Volkswagen. menargetkan kuasai Norwegia dengan menjual 90 persen kendaraan listrik penuh pada tahun depan. Mereka akan menggantikan mesin diesel dan bensin sepenuhnya ke listrik pada 2023.

Norwegia bertekad menjadi negara pertama yang mengakhiri masa penjualan kendaraan berbahan bakar fosil pada 2025. Dalam hal ini, pemerintah setempat mendukung kebijakan tersebut dengan memberikan bebas biaya pajak kepada pemilik kendaraan listrik.

Baca Juga

Kebijakan tersebut berdampak positif, sehingga banyak produsen mobil yang menjadikan negara tersebut sebagai laboratorium bagi pembuat mobil untuk mencari jalan terbaik menuju kendaraan masa depan. Pada bulan lalu, data registrasi setempat menunjukkan bahwa Norwegia mencatatkan rekor dengan menjual 61,5 persen kendaraan yang ditenagai dengan listrik sepenuhnya. Naik 42,4 persen dari pencapaian di tahun 2019.

Pada bulan lalu, VW yang melakukan debut ID.3 ini sangat dinanti dan menjadi kendaraan paling laris di Norwegia, mengalahkan kendaraan Tesla Model 3 yang berbasis di Kalifornia dan Geely's Polestar 2 dari China. Dikutip dari Reuters, Kamis, dalam perencanaan fiskal 2021, pemerintah Norwegia akan memperpanjang kebijakan pajak nol persen pada mobil yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

"Hal ini membuat kami yakin untuk mengatakan bahwa kami dapat mencapai 90 persen target penjualan mobil listrik pada tahun depan," kata importir mobil Volkswagen Norwegia, termasuk merek Audi, Skoda, dan SEAT, Harald A. Moeller AS.

Moeller menyebut, pelanggan akan memiliki akses ke lebih banyak pilihan mobil listrik di sebagian besar segmen pada tahun 2021. Pada awal tahun 2020, Moeller menetapkan target 60 persen mobil listrik masuk Norwegia tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement