Selasa 13 Oct 2020 14:27 WIB

Gadis Petinju India Ajak Muslimah Bercadar Yoga di Taman

Di taman, mereka disambut dengan komentar cabul dan tatapan tidak pantas.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Gadis Petinju India Ajak Muslimah Bercadar Yoga di Taman. Rehnuma Mikranai (tengah, tak berjilbab) mengajak para Muslimah yang bercadar yoga di taman.
Foto: one india
Gadis Petinju India Ajak Muslimah Bercadar Yoga di Taman. Rehnuma Mikranai (tengah, tak berjilbab) mengajak para Muslimah yang bercadar yoga di taman.

REPUBLIKA.CO.ID, HALDWANI -- Menyaksikan sekelompok wanita berpakaian burka melakukan yoga di taman umum bukanlah sesuatu yang disaksikan setiap hari. Namun, di kota Haldwani di distrik Nainital, negara bagian Uttarakhand, India sudah menjadi umum bagi orang-orang di sana menyaksikan mereka melakukan yoga. Hal itu berkat seorang gadis Muslim berusia 17 tahun yang mematahkan stereotip dengan yoga.

Rehnuma Mikranai merupakan seorang petinju kelas 12. Selama lockdown karena virus corona, ia harus terkurung di rumahnya di Hadlwani. Namun, begitu segalanya dibuka, remaja tersebut tak terhentikan untuk melanjutkan kembali rutinitasnya. Rehnuma bangkit kembali dengan rutinitas kebugaran hariannya di taman setiap hari.

Baca Juga

Gadis itu biasa berlatih di pusat tambahan sekolah untuk tinju di Sports Authority of India di distrik Pithoragarh, Uttarakhand. Hidup dalam masyarakat Muslim yang konservatif, dia sangat menyadari banyak orang disekitarnya selalu mengernyit karena dia tidak mengenakan kerudung, tetapi dia tidak pernah menyerah.

Di taman, dia disambut dengan komentar cabul dan tatapan tidak pantas. Hal itu membuatnya tidak nyaman, sehingga ibu Rehnuma, Shabnam, yang merupakan pekerja, menemaninya ke taman.