Rabu 14 Oct 2020 22:54 WIB

Mengenang Masa Kelam Islam di Albania, Rangkaian Penindasan

Islam di Albania pernah mengalami penindasan di bawah rezik komunis

Rep: Yusuf A/ Red: Nashih Nashrullah
Islam di Albania pernah mengalami penindasan di bawah rezik komunis Masjid Agung Tirana di Albania.
Foto: Wikipedia
Islam di Albania pernah mengalami penindasan di bawah rezik komunis Masjid Agung Tirana di Albania.

REPUBLIKA.CO.ID,  Awan gelap menyelimuti Albania, negara kecil di semenanjung Balkan ini ketika Enver Hoxha menduduki tampuk kepresidenan pada 1945.

Sejak itu, Albania berpenduduk mayoritas Muslim memasuki era represif dan mencekam. Hoxha membelenggu kegiatan dan kebebasan beragama. Menurut penuturan Baba Bajram Mahmetaj, seorang tokoh Muslim setempat, Hoxha juga memerintahkan para ulama menghentikan dakwah mereka. ''Jika tidak, hukumannya sangat berat,'' ujarnya berkisah. 

Baca Juga

Bajram mengaku tidak mengindahkan perintah itu. Dia mengingatkan tokoh agama yang lain bahwa diktator ini akan terus berusaha menghancurkan kehidupan agama. Karena keberaniannya itu, Bajram akhirnya dipenjara selama 30 tahun.  ''Selama itu pula, saya terus mengalami penyiksaan,'' aku Bajram, yang pada 1990 telah berusia 80-an tahun.  

Beberapa ulama bernasib lebih buruk. Dari penelusuran Peter R Prifti, penulis buku Sosialisme di Albania sejak 1944, banyak ulama yang dieksekusi. Misalnya, dua tokoh Muslim terkemuka, Baba Fajo dan Baba Fejzo, yang dibunuh pada Maret 1947.