Ahad 13 Dec 2020 20:09 WIB

Bupati Purbalingga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bupati Tiwi menerima hasil tes PCR pada hari ini dan hasilnya positif Covid-19.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andri Saubani
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (tengah) pada hari ini terkonfirmasi positif Covid-10. (ilustrasi)
Foto: istimewa
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (tengah) pada hari ini terkonfirmasi positif Covid-10. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kepala daerah yang terjangkit Covid 19, semakin banyak. Setelah Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji, kini giliran Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Penjelasan Bupati Tiwi terkonfirmasi positif Covid 19 ini, disampaikan langsung oleh yang bersangkutan dalam Instagram pribadinya, Ahad (13/12).

Dalam video yang diunggah sekitar pukul 17.30 tersebut, Bupati Tiwi mengaku hasil tes PCR dirinya yang terkonfirmasi positif Covid 19 tersebut, baru diperoleh Ahad (13/12) siang. ''Saya melakukan tes swab mandiri, setelah staf pribadi saya lebih dulu diketahui terkonfirmasi positif Covid 19,'' jelasnya.

Baca Juga

Pengambilan sampel swab atas dirinya tersebut, dilakukan pada Sabtu (12/12). ''Hasil pemeriksaan PCR-nya, saya terima hari ini. Dan hasilnya, ternyata positif,'' jelasnya.

Bupati Tiwi yang juga merupakan calon bupati yang mengikuti pilkada 9 Desember 2020 ini, mengaku sejauh ini relatif tidak memiliki gejala berarti. Dia sekadar mengalami gejala ringan. Meski demikian, dia menyatakan akan melaksanakan prosedur berupa isolasi mandiri di rumah dinas Bupati.

Dalam video tersebut, Bupati juga meminta siapa pun yang sebelumnya melakukan kontak erat dengan dirinya, agar segera melaporkan diri pada Dinas Kesehatan. ''Ini perlu segera dilakukan agar bisa dilakukan tracing dan tes swab, agar kasus Covid 19 ini tidak semakin menyebar,'' jelasnya.

Dia meminta, masyarakat tidak menganggap remeh Covid-19, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Mengenai jalannya pemerintahan di Pemkab Banyumas, Bupati Tiwi menyatakan, akan tetap bekerja dari rumah dari tempat isolasi di rumah dinas. Meski demikian, dia juga meminta maaf kepada masyarakat Purbalingga yang saat ini mengalami bencana banjir dan tanah bergerak, karena tidak bisa datang langsung ke lokasi bencana.

''Saya tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait, agar musibah ini bisa tertangani dengan baik,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement