Selasa 15 Dec 2020 16:58 WIB

Pertamina RU IV Cilacap Raih Proper Emas

Pertamina RU IV melakukan banyak kegiatan dan program terkait kelestarian lingkungan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Kilang Minyak Pertamina di Cilacap (ilustrasi). Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Kategori Emas dari KLHK.
Foto: Pertamina
Kilang Minyak Pertamina di Cilacap (ilustrasi). Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Kategori Emas dari KLHK.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP --  Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap selaku pengelola kilang minyak di Tanah Air, kembali meraih penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial. Penghargaan yang diterima berupa anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK).

''Dengan penghargaan terakhir ini, berarti sudah dua kali Pertamina RU IV meraih Proper Emas. Pada tahun 2019 lalu, Pertamina RU IV juga meraih penghargaan serupa,'' kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU IV, Hatim Ilwan, Selasa (15/12).

Baca Juga

Dia menyebutkan, penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada General Manager (GM) Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta,  Senin (14/12).

Joko bersyukur atas Anugerah Proper Emas yang kembali diraih Pertamina RU IV. ''Alhamdulillah, kami bisa mengulang sukses tahun lalu. Sebagai kilang terbesar dan paling strategis, ini merupakan pencapaian terbaik atas kerja keras seluruh perwira Pertamina, pekerja, mitra kerja, dan juga  masyarakat Kabupaten Cilacap,'' kata Joko.

Ia menjelaskan, dalam upaya meraih penghargaan Proper Emas ini, Pertamina RU IV telah melakukan banyak kegiatan dan program terkait kelestarian lingkungan hidup. Antara lain, kegiatan yang ditujukan untuk mendorong Kabupaten Cilacap sebagai kabupaten yang mandiri energi.

Dalam upaya itu, kata Joko, Pertamina RU IV menggelar berbagai program berkelanjutan. Antara lain, program Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) di Dusun Bondan Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut, dan program Masyarakat Mandiri Pemanfaatan Nipah menjadi Bioetanol (Mak Mintol) di Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut.

Selain itu, kata Joko, Pertamina juga melaksanakan program Ibu Siaga Covid 19 di Kelurahan Tegalkamulyan dan Kampung Berkualitas (KB) Gadis yang sudah menyandang juara 1 tingkat Nasional. ''Apa yang kami lakukan, merupakan bukti komitmen Pertamina RU Cilacap untuk mendorong masyarakat yang mandiri dengan  memaksimalkan potensi yang ada di daerah masing-masing,'' ungkap Joko.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement