Rabu 06 Jan 2021 16:53 WIB

Manfaat Mengonsumsi Mentimun Secara Rutin

Mentimun memiliki kandungan air hingga 96 persen.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Mentimun
Foto: pixabay
Mentimun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mentimun sering digunakan tambahan makanan seperti acar atau lalapan. Mentimun juga kerap kita jumpai dalam salad mhingga gado-gado.

Namun tahukah Anda, mentimun memiliki banyak nutrisi untuk mendukung kesehatan dan menangkal racun? Beberapa manfaat lainnya mulai dari penurunan berat badan, kesehatan jantung yang lebih baik dan nyeri yang menenangkan, serta nyeri dan bengkak.

Setidaknya ada alasan bagus mengapa mentimun adalah pilihan yang bagus untuk dikonsumsi secara teratur. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan terbaik dari mengonsumsi mentimun setiap hari seperti dilansir di Times of India, Rabu (6/1):

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga fungsi tubuh yang vital. Meskipun penting untuk mengonsumsi 8-10 gelas air dan cairan lain sehari, mentimun adalah buah yang bagus yang dapat memenuhi kebutuhan hidrasi. Sebab, mentimun memiliki kandungan air hingga 96 persen.

Salah satu cara untuk mendapatkan cukup air adalah melalui buah-buahan dan sayuran, agar kita bisa mendapatkan nutrisi yang tepat dan kita pun dapat melawan kelelahan dan tetap berenergi sepanjang hari. Oleh karenanya, memakan mentimun adalah hal yang disarankan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mentimun adalah salah satu pilihan penolong penurunan berat badan terbaik dan termudah yang tersedia secara alami. Bahkan, banyak ahli yang menganggapnya sebagai buah yang wajib dimiliki ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Mentimun tidak hanya mudah dan ringan di perut, tetapi juga mengandung serat dan kandungan air yang baik, dan merupakan pilihan makanan rendah kalori yang sangat baik untuk dimiliki. Selain itu, buah ini juga mengandung sedikit vitamin dan mineral penting lainnya yang diperlukan untuk menghilangkan lemak berlebih, seperti protein (2 gram), karbohidrat (11 gram), Vitamin K (62 persen RDI), magnesium dan juga kalium.

3. Meredakan pegal dan nyeri sendi

Jika sering menderita nyeri sendi, pegal linu, dan pegal otot, pastikan makanan yang kita makan banyak mengandung mentimun dan salad hijau lainnya. Mentimun, tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, juga meningkatkan kekuatan tulang dan otot.

Buah hijau itu juga bekerja sebagai agen penyembuhan yang baik dalam kasus nyeri dan nyeri. Faktanya, banyak orang yang meyakini mentimun sebagai obat alami untuk meredakan nyeri kronis dan gejala yang berhubungan dengan radang sendi.

Studi tertentu menunjukkan bahwa mentimun memiliki efek pendinginan. Hal itu dapat mencegah dan mengontrol respons peradangan dalam tubuh dan menghasilkan enzim yang baik yang mengurangi rasa sakit. Itu salah satu makanan terbaik untuk dimasukkan dalam diet Anda saat Anda mulai menua.

4. Baik untuk gusi

Menjaga kesehatan gigi adalah kunci untuk melawan komplikasi kesehatan. Mentimun, salah satu buah tersebut dapat membantu mengatur keseimbangan asam di mulut.

Sebab, mentimun dapat menjaga keseimbangan pH, yang pada akhirnya membantu tubuh mencegah dan menyembuhkan luka kecil dan luka dalam waktu yang lebih singkat. Mengunyah mentimun secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan penyakit gigi.

5. Membangun jaringan dan meningkatkan aliran darah

Mentimun kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat bagi fungsi vital. Antioksidan tinggi yang ada dalam buah-buahan seperti mentimun dapat membantu mengatur aliran darah, mengatasi radikal bebas, dan bahkan membantu meregenerasi pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

6. Membantu mengeluarkan racun

Mengonsumsi mentimun secara rutin dapat mempermudah tubuh untuk membuang kuman dan racun jahat yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat. Tidak hanya mengatasi dehidrasi, yang merupakan faktor utama buang air besar yang buruk, mentimun juga mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.

Mentimun juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik. Kadar magnesium dan kalium dalam buah ini juga membantu menghilangkan masalah seperti retensi air, kembung, dan penyakit usus.

7. Mengatur tingkat kolesterol

Alasan lain untuk mengonsumsi mentimun secara teratur adalah karena mentimun mengandung tingkat pektin yang sehat. Pektin merupakan jenis serat larut alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah, menghilangkan racun, dan menjaga kesehatan jantung.

Para ahli kesehatan juga percaya bahwa mentimun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, bahkan hingga titik tertentu, mengontrol peningkatan gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement