Sabtu 09 Jan 2021 08:42 WIB

Hikmah Mengapa Allah SWT Haramkan Perbuatan Zina

Terdapat hikmah mengapa Allah SWT haramkan zina

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat hikmah mengapa Allah SWT haramkan zina. Pelaksanaan hukuman cambuk karena zina (ilustrasi).
Foto: Antara/Irwansyah Putra/ca
Terdapat hikmah mengapa Allah SWT haramkan zina. Pelaksanaan hukuman cambuk karena zina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Di balik larangan-larangan Allah SWT, tersimpan hikmah yang sangat besar sekaligus kemaslahatan bagi umat manusia. 

Ustadz M Tatam Wijaya, alumni Pondok Pesantren Raudhatul Hafizhiyyah Sukaraja-Sukabumi, menjelaskan salah satunya larangan berzina, seperti yang ditegaskan Allah SWT dalam firman-Nya:  

Baca Juga

 

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا “Dan janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS al-Isra [17]: 32).  

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk menjalankan agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dari hari akhirat, dan hendaklah pelaksanaan hukuman itu disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman." (QS al-Nûr [24]: 2).     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement