Senin 25 Jan 2021 12:26 WIB

Cuaca Buruk, Sejumlah Area di Kota Batu Longsor

BPBD memastikan tidak ada korban jiwa atau luka atas kejadian ini.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Bencana tanah longsor di Jalan Pura Luhur Giri Arjuno, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Senin (25/1).
Foto: Pusdalops PB BPBD Kota Batu
Bencana tanah longsor di Jalan Pura Luhur Giri Arjuno, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Senin (25/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Selama musim penghujan terdapat sejumlah area di Kota Batu mengalami longsor. Terbaru, bencana ini terjadi di Jalan Pura Luhur Giri Arjuno RT 03 RW 11, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (25/1) pukul 02.00 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, menerangkan, longsor di Giri Arjuno disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Tulungrejo. "Kemudian material longsor menutupi saluran seluruh badan jalan," kata Pusdalops PB Kota Batu dalam pernyataan resmi yang diterima Republika.co.id, Senin (25/1).

Baca Juga

Lebih detail, bagian yang mengalami longsor terdapat pada tebing di lokasi kejadian. Tebing tersebut berdimensi panjang 15 meter, lebar empat meter (m) dan tinggi 12 m. BPBD memastikan tidak ada korban jiwa atau luka atas kejadian ini. 

Menurut BPBD Kota Batu, pihaknya telah melakukan kaji cepat ketika menerima laporan kejadian. Salah satunya, yakni melakukan pembersihan material longsor dengan cara manual dan menggunakan alat berat. Selanjutnya, berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk merekomendasikan pemasangan rambu rawan longsor di Jalan Pura Luhur Giri Arjuno.