Ahad 07 Feb 2021 17:10 WIB

Banjir Semarang Sebabkan Perjalanan KA Memutar

Sejumlah kereta jarak jauh yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon harus memutar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Karyawan membantu sejumlah penumpang menembus banjir untuk keluar dari Stasiun Tawang yang terendam banjir di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021). Akibat banjir setinggi hingga 70 cm tersebut, PT KAI (Persero) DAOP 4 Semarang mengalihkan sejumlah rute perjalanan kereta api.
Foto:

Untuk informasi lebih lanjut terkait perkembangan perjalanan KA yang melintas di Jalur Utara, penumpang bisa menghubungi Contact Center di 021-121, WhatsApp KAI 121 pada nomor 08111-2111-121 atau media sosial KAI 121.

Dengan kondisi tersebut, Daop 3 Cirebon pun melakukan perubahan pola operasi perjalanan KA dari Jakarta dengan tujuan Surabaya via jalur utara, memutar melalui jalur selatan Cirebon/Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Solo. Hal itu di antaranya untuk KA Argo Bromo Anggrek, Dharmawangsa dan Matarmaja.

Sementara untuk penumpang dengan tujuan Pekalongan dan Semarang, dialihkan dengan moda transportasi bus yang telah disiapkan KAI.

Suprapto menyebutkan, KA-KA yang terkena imbas banjir di wilayah Daop 4 Semarang, sejak 6 Februari pukul 12.00 WIB sampai 7 Februari 2021 pukul 12.00 WIB, yakni KA dari/menuju ke arah Semarang/Surabaya. KA itu seharusnya lewat jalur utara melalui Tegal-Pekalongan–Semarang,  namun harus memutar rutenya menjadi Purwokerto-Kroya–Solo.

KA tersebut di antaranya KA Argo Anggrek Pagi relasi Stasiun Pasar Turi–Stasiun Gambir/pp, KA Dharmawangsa relasi Stasiun Pasar Turi-Stasiun Pasar Senen/pp, dan KA Matarmaja relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Malang.

Adapula KA Jayabaya relasi Stasiun Pasar Senen–Stasiun Pasar Turi/pp dan KA Argo Anggrek Malam relasi Stasiun Pasar Turi–Stasiun Gambir/pp.

Selain itu, banjir di wiayah Daop 4 Semarang juga berimbas pada pembatalan operasional KA. Yakni, terjadi pada KA Kaligung relasi Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Semarang Poncol/pulan-pergi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement