Selasa 09 Feb 2021 16:36 WIB

Bappenas: Proyek IKN akan Kurangi Beban Ekonomi Jawa

Kontribusi Pulau Jawa terhadap ekonomi Indonesia mencapai 58,75 persen pada 2020.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Foto aerial proyek Tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi salah satu akses masuk ke ibu kota negara baru di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Foto:

Deputi Bidang Ekonomi Amalia Kementerian PPN/ Bappenas Adininggar Widyasanti menjelaskan, dominasi Pulau Jawa terhadap perekonomian Indonesia memang membutuhkan perhatian besar. Menurutnya, dibutuhkan upaya khusus untuk dapat menggeser struktur perekonomian ke Indonesia bagian timur.

Amalia menyebutkan, IKN merupakan terobosan yang dapat membantu pencapaian target tersebut. Dari hasil simulasi Bappenas, dengan membangun perumahan dan perkantoran saja di daerah IKN, ekonomi di Kalimantan Timur dapat tumbuh 2,1 persen basis poin.

Ia memberikan contoh, jika pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur tahun ini berada di level empat persen, maka pembangunan perumahan dan perkantoran dalam proyek IKN dapat mendorong pertumbuhan ke 6,1 persen. "Kenaikan ini termasuk penciptaan lapangan kerja apabila kita ciptakan aktivitas ekonomi baru di IKN," kata Amalia.

Selain menggeser struktur perekonomian, Amalia menambahkan, proyek IKN juga menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru. Bappenas telah menghitung, ketika ada aktivitas baru di Kalimantan Timur, efek penggandanya bisa dirasakan di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah maupun provinsi lain di Pulau Kalimantan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement