Jumat 19 Feb 2021 15:27 WIB

Swati Mohan, Sosok Pemimpin Operasi Misi NASA ke Mars

Swati Mohan berasal dari India yang pindah ke AS sejak berumur satu tahun.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Swati Mohan
Foto: india tv news
Swati Mohan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat ruang angkasa Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) menjadi bagian dari misi yang bertujuan menjelajahi Mars. Tentunya, ada sosok yang berperan penting dalam misi besar ini.

Salah satunya adalah Swati Mohan, pemimpin operasi panduan dan kontrol untuk misi Mars 2020 NASA. Ia menjadi orang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat luar angkasa membawa penjelajah Perseverance diarahkan dengan benar.

Baca Juga

Saat Perseverance siap melakukan pendaratan pada Kamis (18/2) kemarin, Mohan mungkin menjadi orang yang paling tegang. Dengan pendaratan yang selalu berisiko tinggi, ia memberi banyak komentar dari kontrol misi, termasuk selama penurunan.

 

Mohan sebelumnya pernah menjadi bagian dari misi Cassini NASA. Ia kemudian bergabung dalam misi Mars 2020 yang dipersiapkan sejak 2013.

Mohan berasal dari India dan pindah ke Amerika Serikat (AS) saat masih berusia satu tahun. Ia menceritakan kisahnya sebagai orang asing yang memiliki budaya jauh berbeda pada awalnya terasa berat.

“Saya memakai bindi (tanda di dahi) selama sekolah hasar dan diintimidasi secara fisik karena itu,” ujar Mohan, dilansir CNET Jumat (19/2).

Namun, Mohan kini tidak memikirkannya lagi. Ia tetap memakai bindi yang disukainya sebagai bagian dari identitas budaya India, bahkan saat bekerja.

Mohan terlihat menggunakan bindi saat dengan tenang mengumumkan setiap langkah perjalanan Perseverance dalam kendali misi. Ia telah menjadi sosok yang dianggap menginspirasi banyak orang.

“Mohan menginspirasi generasi baru ilmuwan saat ini,” tulis seorang astrofisikawan, Karan Jani melalui jejaring sosial Twitter.

Selamat untuk Mohan dan seluruh tim MARS 2020 NASA atas pendaratan Perseverance yang sukses. Seluruh dunia akan menantikan tahap lebih lanjut dalam upaya penelitian terhadap Planet Merah yang masih menyimpan banyak misteri tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement