Jumat 02 Apr 2021 18:48 WIB

Atasi Bima Perkasa Jogja, Pelita Jaya ke Play-off IBL 2021

Pelita Jaya mengalahkan Bima Perkasa Jogja 71-63 dalam pertandingan tunda Seri 3.

Red: Israr Itah
Pemain Pelita Jaya Bakrie Respati Ragil Pamungkas (kanan) selepas menembak tiga angka melawan Bima Perkasa Jogja.
Foto: IBL Indonesia
Pemain Pelita Jaya Bakrie Respati Ragil Pamungkas (kanan) selepas menembak tiga angka melawan Bima Perkasa Jogja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelita Jaya Bakrie menjadi tim pertama dari Divisi Putih yang memastikan lolos ke play-off IBL 2021. Kepastian ini didapat setelah tim asuhan Ocky Tamtelahitu mengalahkan Bima Perkasa Jogja 71-63 dalam pertandingan tunda Seri 3 di gelembung IBL di Robinson Cisarua, Bogor, Jumat (2/4).

Pelita Jaya mengumpulkan nilai 21, hasil 10 kemenangan dan sekali kalah dari 11 laga. Andai kalah dalam lima laga sisa, poin Pelita Jaya akan menjadi 26, sama dengan poin maksimal yang bisa dipetik Bima Perkasa, yang saat ini menempati posisi empat di klasemen Divisi Putih, jika memenangkan empat laga sisanya. Pelita Jaya akan lolos dengan perhitungan head to head karena dua kali memenangkan pertemuan melawan Bima Perkasa.

Baca Juga

Sementara Bima Perkasa masih memiliki peluang. Yakni berharap nilai di klasemen akhir mengungguli Bali United yang sudah mengoleksi tujuh kemenangan dari 11 laga dan Louvre Dewa United yang sudah mengumpulkan delapan kemenangan dari 12 laga. 

Skenario lain, nilai Bima Perkasa sama dengan Louvre di klasemen akhir Divisi Putih. Bima Perkasa akan lolos karena dalam dua pertemuan sebelumnya mengalahkan Louvre.

Jalannya laga

Indra Muhammad membuka poin di laga ini buat Bima Perkasa. Tembakan tiga poin Hardian Wicaksono, lay up Andakara Prastawa, Reggie Mononimbar, Agassi Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, Teddy Romadonsyah, serta Respati Ragil Pamungkas  membuat Pelita unggul jauh 19-3. R. Azzaryan Pradhitya dan Samuel Devin Susanto mencetak angka buat Bima Perkasa, tapi dua angka Agassi menutup kuarter pertama 21-9 untuk keunggulan Pelita Jaya.

Bima Perkasa kembali membuka dengan four point play lewat Adhit. Namun tiga poin Prastawa dan lay up Katon Aji Baskoro dan Reggie menambah keunggulan Pelita  26-13. Lima menit awal kuarter kedua, Pelita unggul sepuluh angka, 30-20. Tembakan tiga angka Govinda Saputra membuat Pelita unggul 40-26 dan three point play Vincent menutup babak pertama untuk keunggulan Pelita 43-29.

Free throw Vincent membuka babak kedua 45-29. Lima menit awal kuarter ketiga, Pelita Jaya unggul 52-33. Pelita menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 61-46.

Vincent membuka poin kuarter terakhir 65-46. Samuel kemudian mencetak angka pertama Bima Perkasa. Lay up Wicaksono dibalas satu free throw Ali Mustofa, 67-48. Indra dan Samuel memperkecil jarak, 67-54. Laga akhirnya ditutup tembakan tiga angka Indra yang membuat skor akhir menjadi 71-63 untuk kemenangan Pelita Jaya.

Vincent mencetak 20 angka, disusul Prastawa dengan 10 poin. Di kubu Bima Perkasa, Indra mengumpulkan 18 angka, Adhit menyumbang 15 poin dan Samuel mengemas 14 poin. Isman Thoyib memenangkan 12 rebound.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement