Selasa 11 May 2021 21:39 WIB

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Endometriosis

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita endometriosis.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Nyeri haid
Foto: ist
Nyeri haid

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sekitar 190 juta atau 10 persen perempuan usia reproduksi di dunia mengalami endometriosis menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Salah satu terapi yang dianjurkan untuk penderita endometriosis adalah penyesuaian gaya hidup.

Endometriosis merupakan kondisi di mana jaringan yang membentuk lapisan dalam rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim. Salah satu gejala yang umum dalam kasus endometriosis adalah nyeri haid yang tak normal.

Baca Juga

Nyeri haid bisa dikatakan tidak normal apabila nyeri terasa bertambah berat dan bahkan menyulitkan perempuan untuk beraktivitas normal. Nyeri haid juga dianggap tidak normal bila tidak membaik bahkan setelah penderitanya mengonsumsi obat nyeri.

"Penyesuaian gaya hidup dapat dimulai dari pemilihan asupan makanan yang tepat," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi dari RS Pondok Indah IVF Centre dr Moh Luky Satria Syahbana Marwali SpOG-KFER, dalam pernyataan yang diterima Republika.co.id.