Senin 14 Jun 2021 16:53 WIB

Joe Biden Isyaratkan Ingin Perbaiki Hubungan dengan Rusia

Joe Biden akan bertemu Vladimir Putin pada 14 Juni 2021

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Toby Melville/reuters pool
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengisyaratkan ingin menjalin hubungan lebih baik dengan Rusia. Dia diagendakan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa, Swiss, pada Rabu (14/6) mendatang.

"Ini bukan kontes tentang siapa yang bisa berbuat lebih baik di depan konferensi pers untuk mencoba mempermalukan satu sama lain. Ini tentang membuat diri saya sangat jelas apa syarat untuk mendapatkan hubungan yang lebih baik dengan Rusia," kata Biden dalam konferensi pers seusai KTT G7 di Cornwall, Inggris, Ahad (13/6), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Menurut Biden, ada bidang-bidang di mana AS dan Rusia dapat bekerja sama. “Kami mungkin dapat melakukan itu dalam hal beberapa doktrin strategis, yang mungkin dapat bekerja sama. Kami siap melakukannya. Mungkin ada kemampuan bekerja bersama-sama tentang iklim," ucapnya.

Dia berpendapat, diskusi langsung dengan Putin akan menjadi cara terbaik untuk membahas ketidaksepakatan yang saat ini dihadapi AS dan Rusia. Kendati demikian, Biden menekankan tak ada jaminan bahwa dia dapat mengubah polah Rusia atau pemimpinnya.

Biden menyebut, Rusia terkadang terlibat dalam kegiatan yang bertentangan dengan hukum internasional. Menanggapi pertanyaan mengapa presiden Rusia tidak mengubah perilakunya terlepas dari semua yang telah dilakukan AS hingga saat ini, Biden menjawab dengan senyuman: "Dia Vladimir Putin.”

Putin mengatakan dia berharap pertemuannya dengan Biden dapat meningkatkan dialog Rusia-AS. "Untuk memulihkan kontak pribadi kami, hubungan, untuk membangun dialog langsung, untuk menciptakan mekanisme yang benar-benar berfungsi di bidang-bidang yang mewakili kepentingan bersama,” kata Putin dilaporkan kantor berita Interfax pada Ahad (13/6).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
رَّسُوْلًا يَّتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ اللّٰهِ مُبَيِّنٰتٍ لِّيُخْرِجَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُّدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ قَدْ اَحْسَنَ اللّٰهُ لَهٗ رِزْقًا
(dengan mengutus) seorang Rasul yang membacakan ayat-ayat Allah kepadamu yang menerangkan (bermacam-macam hukum), agar Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya.

(QS. At-Talaq ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement