Jumat 18 Jun 2021 22:42 WIB

Pengamat: Airlangga Punya Potensi Jadi Cawapres

Pengamat menilai Airlangga lebih punya potensi menjadi Cawapres ketimbang capres.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting
Foto: Dok Pribadi
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memiliki posisi tawar cukup tinggi untuk posisi calon wakil presiden (cawapres). Hal tersebut lantaran Partai Golkar dinilai memiliki logistik yang cukup.

"Beliau punya potensi pada cawapres, dia punya bargaining di situ," kata Pangi kepada Republika.co.id, Jumat (18/6). 

Baca Juga

Sementara itu untuk posisi calon presiden (capres), Pangi melihat hal tersebut sulit untuk Airlangga. Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian itu dinilai masih terganjal elektabilitasnya saat ini.

"Untuk potensial beliau menjadi kunci, untuk jadi capres terpilih potensi kansnya belum tentu, karena kan dia masih terganjal pada soal elektabilitas yang belum  diderekkan," ujarnya. 

Pangi mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan Voxpol Center Research and Consulting, elektabilitas Airlangga masih berada di angka kisaran 1 persen. Partai Golkar dinilai punya pekerjaan rumah yang cukup besar dalam meningkatkan elektabilitas Airlangga.

"Bisa saja untuk tiga tahun, kita pelajari saja trennya, trennya kalau positif bukan tidak mungkin akan naik terus karena beliau mungkin belum maksimal untuk sosialisasi ke bawah, ke masyarakat," jelasnya.

Ia meyakini jika seluruh kader satu suara memilih Airlangga maka akan ada yang namanya Airlangga effect. Menurutnya saat ini hal tersebut belum terjadi karena jomplangnya antara elektabilitas Airlangga dengan elektabilitas Partai Golkar.

"Ini kan jomplang ini, Golkar elektabilitasnya oke, ketumnya masih di bawah. Ini harus diderek ini," ungkapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement