Ahad 20 Jun 2021 16:18 WIB

Fakta Aneh Ikan Coelacanth, Usianya Bisa Sampai 100 Tahun

Coelacanth konon telah hidup di dunia selama 400 juta tahun.

Red: Dwi Murdaningsih
Coelacanth
Foto: wikipaedia
Coelacanth

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Satu jenis ikan aneh raksasa yang disebut coelacanth ternyata dapat hidup selama 100 tahun, demikian menurut sebuah studi terbaru. Ikan laut dalam yang telah ada sejak zaman dinosaurus ini bergerak lambat dan bisa berukuran sebesar manusia dewasa.

Ikan jenis coelacanth telah hidup di dunia selama 400 juta tahun. Tadinya ikan ini sudah dianggap punah, sampai pada tahun 1938 mereka ditemukan hidup di lepas pantai Afrika Selatan.

Baca Juga

Saking tuanya dan lamanya eksis di dunia, coelacanth sampai-sampai mendapat julukan ‘fosil hidup'. Sifatnya juga sangat berbeda dari jenis ikan kebanyakan yang umumnya hidup cepat dan mati muda. Ikan nokturnal ini pun tumbuh dengan sangat lambat.

Betinanya tidak mencapai kematangan seksual sebelum akhir usia 50-an, kata studi tersebut. Sementara coelacanth jantan matang secara seksual pada usia 40 hingga 69 tahun. Dan mungkin yang paling aneh dari semuanya, peneliti memperkirakan bahwa ikan betina bisa hamil dalam waktu selama kurang lebih lima tahun.