Sabtu 10 Jul 2021 13:09 WIB

Jus dan Sayuran untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan jus dan sayuran.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Muhammad Hafil
Jus dan Sayuran untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Foto: Buah dengan bentuk yang tidak sebaik umumnya justru lebih bergizi.
Foto: wikipedia
Jus dan Sayuran untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Foto: Buah dengan bentuk yang tidak sebaik umumnya justru lebih bergizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin merebak. Selain memperkuat protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh atau imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting agar tak mudah sakit. 

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Menambah asupan nutrisi harian dengan buah dan sayuran semakin penting, selain berolahraga di rumah saja. Selain sumber vitamin, buah dan sayuran juga kaya mineral dan serat untuk menjaga tubuh yang sehat.

Baca Juga

Cara mudah mengkonsumsi buah dan sayuran adalah dengan membuat jus buah atau jus sayur. Berikut beberapa rekomendasi jus buah dan sayuran yang dibagikan melalui siaran pers Wiki Wiki Juice & Health Bar kepada Republika, yang bisa kita konsumsi dalam rangka menjaga daya tahan tubuh.

Green Juice

Sayuran akan kehilangan sebagian dari nutrisinya setelah dimasak. Oleh karenanya, tak ada salahnya kita membuat jus sayuran yang menyegarkan untuk mendapatkan nutrisi penuh dari sayuran segar.

Seledri dan pakcoy yang seringkali menjadi bahan utama untuk Green Juice memiliki kadar vitamin A, C, & K yang sangat tinggi dengan segudang manfaat. Termasuk  menjaga kesehatan mata dan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, meningkatkan imunitas tubuh, serta melancarkan pencernaan.

Bagi yang tidak suka sayur bisa memilih jus dengan campuran buah-buahan seperti Wiki Nourish-pakcoy, nanas, dan jeruk, atau C3-seledri, nanas, dan apel. Dengan nutrisi yang seimbang dan rasa yang enak, pilihan tersebut juga dapat menjadi solusi bagi para ibu untuk asupan si kecil yang sulit menyantap hidangan sayur.

Jahe dan Kunyit

Empon-empon seperti jahe dan kunyit bisa meningkatkan imunitas tubuh, melawan infeksi virus, dan juga efektif mengatasi radang. Kedua empon-empon ini merupakan anti-inflamasi dan anti-radang, dan telah digunakan berabad-abad sebagai pengobatan herbal untuk berbagai penyakit kronis.

Kedua empon-empon ini pun bisa dinikmati di dalam kandungan jus. Wiki Wiki Juice & Health Bar memasukan kedua empon-empon ini bersamaan dengan  wortel, apel, jeruk, bit, dan lemon.

Buah Bit

Buah bit yang memiliki rasa yang manis, memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi. Kekurangan zinc dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Sifat antiviral dalam zinc dapat melawan infeksi virus serta memperbaiki sel imun dalam tubuh.

Wiki Wiki Juice Health & Bar menyediakan Wiki Beat yang mengkombinasi buah bit, apel, nanas dan jahe, lalu Wiki Immune yang mengkombinasi buah bit, jahe, wortel, apel dan jeruk, dan Wiki Cure yang mengkombinasikan buah bit, apel, wortel dan lemon.

“Kesehatan merupakan tanggung jawab serta investasi jangka panjang. Dengan kondisi tidak menentu seperti saat ini, kita diingatkan akan hal-hal yang paling penting dalam kehidupan seperti bersyukur serta menjaga dan melindungi kesehatan keluarga, teman dan kerabat,” ujar Co-Founder Wiki Wiki Juice & Health Bar, Clarissa Brata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement