Kamis 15 Jul 2021 16:27 WIB

Ribuan Narapidana Lapas Porong Ikut Vaksinasi

Lapas Porong menerima 2.100 dosis vaksin dari Dinkes Kabupaten Sidoarjo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Lapas Klas I Surabaya, Gun Gun Gunawan.
Foto: Dok Kemenkumham
Kepala Lapas Klas I Surabaya, Gun Gun Gunawan.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ribuan narapidana yang ada di Lapas Klas I Surabaya di Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mendukung pemerintah mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di dalam lapas.

Kepala Lapas Klas I Surabaya, Gun Gun Gunawan, mengatakan, percepatan vaksinasi dilakukan setelah dilakukan sosialisasi ke dalam blok. "Narapidana ini bersemangat untuk mendapatkan pemberian vaksin di aula terbuka Pujasera Lapas. Untuk jenis vaksin yang diberikan yaitu vaksin Sinovac," ujarnya di sela pelaksanaan vaksinasi di Lapas Porong, Kamis (15/7).

Dia mengemukakan, pemberian vaksin sudah berlangsung dari pekan kemarin, dan dalam satu pekan ada tiga gelombang pemberian vaksin dalam rangka menerapkan protokol kesehatan. "Untuk hari ini sudah memasuki gelombang ke-5 yang diikuti Blok A wing 4, 5 dan Blok B wing 3, 4, 5," ucap Gun.

Dia mengatakan, vaksin yang diberikan gratis dan mereka yang sudah menerima vaksinasi hanya menimbulkan efek samping lapar dan mengantuk. Menurut Gun, Lapas Klas I Surabaya mendapatkan bantuan dosis vaksin sebanyak 2.100 dari Dinkes Kabupaten Sidoarjo.

"Yang memungkinkan semua narapidana akan mendapatkan vaksin secara merata untuk tahap pertama," ujar Gun. Dia menambahkan, pada pelaksananya, ada juga beberapa narapidana yang terkendala tidak bisa ikut vaksin karena tekanan darah tinggi atau rendah serta sakit.

"Selain itu, NIK narapidana yang belum dikonfirmasikan kepada petugas sehingga narapidana bisa mengikuti vaksinasi pada gelombang berikutnya," kata Gun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement