Kamis 22 Jul 2021 06:36 WIB

Pfizer akan Produksi Vaksin Covid-19 di Afrika Selatan

Perusahaan Afrika, Biovac akan menerima bahan untuk vaksin dari Eropa

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
 Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin Covid-19 Pfizer, ilustrasi
Foto:

Upaya vaksinasi Afrika Selatan meningkat dengan lebih dari 220 ribu orang mendapatkan suntikan pada hari kerja. Menurut data resmi pemerintahan per Rabu, lebih dari 5,5 juta dari 60 juta orang Afrika Selatan telah menerima setidaknya satu suntikan, dengan lebih dari 1,4 juta divaksinasi penuh. 

Tujuan Afrika Selatan adalah memvaksinasi sekitar 67 persen populasinya pada Februari 2022. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika mengatakan, tingkat vaksinasi rendah di seluruh Afrika, dengan kurang dari 2 persen populasi benua yang berjumlah 1,3 miliar telah menerima setidaknya satu suntikan. 

Upaya yang didukung PBB untuk mengirimkan vaksin virus corona ke seluruh dunia yang dikenal sebagai Covax terhambat dalam beberapa bulan terakhir. Organisasi itu telah mengirimkan hanya 200 juta vaksin secara global sejak Februari, sementara AS sendiri telah memberikan lebih dari 338 juta dosis. 

Pemasok terbesar Covax, yaitu Serum Institute of India menghentikan ekspor pada Maret untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri. Lembaga di belakang Covax, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terpaksa meminta sumbangan dari negara-negara kaya.

Sebagian besar vaksin Covid-19 yang dijanjikan tidak akan tiba sampai tahun depan. Meskipun negara-negara Kelompok 20 berjanji untuk menyumbangkan satu miliar vaksin Covid-19, jumlah tersebut jauh dari kebutuhan 11 miliar yang menurut WHO diperlukan untuk melindungi dunia. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement