Kamis 22 Jul 2021 20:55 WIB

Badai ke Utara, Puluhan Ribu Warga China Dievakuasi

Sebanyak 33 orang tewas dalam bencana banjir yang melanda provinsi Henan.

Red: Ani Nursalikah
Badai ke Utara, Puluhan Ribu Warga China Dievakuasi. Situasi banjir di Zhengzhou, China, Rabu (21/7).
Foto:

Seorang petugas penyelamat yang enggan disebut namanya mengatakan timnya menyelamatkan seribuan orang dari sebuah permukiman pada Rabu dan berharap bisa menyelamat ribuan warga lainnya pada Kamis. "Beberapa dari mereka tak mau pergi jika punya makanan. Karena kalau pergi, mereka tak tahu harus kemana. Tapi mereka yang kehabisan makanan akan keluar sendiri," kata dia.

Seorang pria bernama Xu mengatakan dia terjebak bersama istri dan dua anaknya di apartemen berhari-hari tanpa air bersih. "Kami tak punya air, tak ada listrik, kami tak bisa mandi, dan air bekas bersih-bersih kami simpan untuk menyiram toilet. Saya tinggal di sini empat, lima tahun, dan ini belum pernah terjadi," kata dia.

Keluarga itu menunggu dengan sabar di gerbang apartemen untuk dievakuasi dengan perahu. Bergerak ke UtaraKetika badai bergerak ke utara pada Kamis, lebih dari 73.000 orang dievakuasi dari kota Anyang, di perbatasan Henan dengan provinsi Hebei.

Kota itu terendam hujan lebih dari 600 mm sejak Senin, kata Xinhua. Dua orang tewas di Hebei ketika sebuah tornado menghantam kota Baoding pada Rabu.Xinxiang, kota kecil di utara Zhengzhou, mencatat curah hujan 812 mm antara Selasa dan Kamis, angka tertinggi dalam catatan meteorologi setempat.

Tujuh penampung air berukuran sedang di kota itu telah meluap, menggenangi banyak desa dan kota kecil. Hingga Rabu malam, lebih dari 470 ribu orang dan lebih dari 55 ribu hektare lahan pertanian terdampak hujan di Xinxiang, kata Xinhua.

 

Pemerintah setempat dikabarkan telah mengerahkan 76 ribu lebih petugas SAR. Banjir fatal di kereta bawah Zhengzhou telah mendorong pemerintah untuk meminta otoritas lokal segera meningkatkan sistem pengendalian banjir dan tanggap darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement