Ahad 25 Jul 2021 16:05 WIB

Ini yang Terjadi Saat Kita Bertawakal kepada Allah SWT

Dengan bertawakal, seseorang yakin perjuangan lahir dan batin telah direncanakan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ini yang Terjadi Saat Kita Bertawakal kepada Allah SWT
Foto:

Apa itu Tawakal?

Tawakal berarti meneguhkan hati. Mengenai hal ini, ulama Muslim Ibnu Ata'illah menyatakan:

“Lepaskan diri Anda dari kekhawatiran setelah Anda merencanakan. Jangan khawatirkan dirimu dengan apa yang telah dilakukan Allah atas namamu."

Dengan bertawakal, seseorang yakin perjuangan lahir dan batin telah direncanakan. Jika seseorang telah menggunakan kemampuan maksimal dan bekerja keras, maka tidak ada lagi kekhawatiran dalam hati.

Allah SWT adalah Al-Wakiel, ini berarti bahwa Dia-lah yang mengendalikan urusan hamba-Nya dan memelihara mereka. Dia tidak pernah meninggalkan hamba-Nya, sekalipun segala sesuatu dirasa tidak berjalan sesuai rencana, kita tahu Tuhan akan memberi kita sesuatu yang lebih baik.

Sifat alami manusia tentunya tidak bisa mempercayakan urusannya kepada siapa pun yang tidak lebih baik daripada Dia. Inilah sebabnya, setiap kali gagasan mengandalkan Tuhan disebutkan dalam Alquran, Tuhan mengingatkan kita akan kekuasaan-Nya:

رَّبُّ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَٱتَّخِذْهُ وَكِيلًا 

Artinya: "Dialah Tuhan masyrik dan maghrib (Timur dan Barat), tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung." (QS. Al-Muzzammil: 9).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement