REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar Rick Astley rupanya masih terus menonton video musik lagu hitnya di Youtube. Video resmi "Never Gonna Give You Up" yang dirilis 34 tahun lalu pun sekarang memiliki lebih dari satu miliar views di Youtube.
"Never Gonna Give You Up" menjadi jauh lebih populer dengan munculnya 'Rickrolling', sebuah lelucon internet di mana orang-orang tertipu untuk mengklik hyperlink yang mengarah ke video musik tersebut. Video tersebut bahkan mendapat tambahan 2,3 juta kali klik pada April Mop tahun ini saja.
Perjalanan sensasi viral hingga satu miliar tampilan dimulai bahkan sebelum video official diunggah ke Youtube. Pada 2007, pengguna 4chan membantu memulai tren 'Rickrolling' hingga membuat Astley tampil di Parade Hari Thanksgiving yang dihelat pusat perbelanjaan Macy pada 2008.
Astley juga memenangkan MTV Europe Music Award untuk Best Act Ever pada 2008 untuk lagu tersebut berkat upaya voting internet yang meluas. Video itu di-posting pada 2009, dan saat itu dia sudah populer di media sosial.