Ahad 15 Aug 2021 17:22 WIB

Outlet Salimah, Peluang Bisnis Berbasis Komunitas

Outlet Salimah adalah bagian dari program membangun ekosistem syariah.

Red: Agung Sasongko
Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) Sabtu (14/8) mengadakan Webinar bertemakan Peluang Bisnis Berbasis Komunitas
Foto:

Kemudian beliau menambahkan agar tidak lupa untuk melibatkan Allah dalam segala urusan bisnis. Caranya dengan memperbanyak ibadah sehari-hari dan meminta pertolongan kepada Allah swt dalam setiap urusan. Di samping itu misi bisnis yang dimiliki harus besar dan kuat dengan melibatkan misi spiritual di dalamnya sehingga usaha bisnis bisa berjalan dengan sukses.

Sementara dari tokoh pengusaha milenial, Gamal Albinsaid, menyoroti dari segi peluang bisnis kesehatan dimasa pandemi. Menurutnya ketika memilih menjadi wirausaha sosial maka harus siap dengan segala resiko dan menerima kegagalan yang terjadi, seperti rela mengorbankan tabungan pribadi, siap menghadapi kerugian, siap kehilang tim, kehabisan sumber daya dan sebagainya.

Beliau menambahkan bahwa untuk memulai bisnisharus mengingat darimana asal memulainya, lalu menggunakan sumberdaya apa saja yang dimiliki, serta siap melakukan apa saja yang bisa dilakukan.

Bisnis dimulai dengan adanya ide-ide gagasan yang muncul. Ide ini lalu dikembangkan dengan data-data riset yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat. Setelah itu dengan design thinking, mendengarkan masukan, mencermati masalah, kemudian menganalisis dan menghasilkan solusi bisnis yang baik untuk masyarakat.

Kemudian mencoba menciptakan produk yang harus berbeda dari yang lain, dengan keunikan tersendiri dan target market yang sudah jelas. Demikian beliau menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement