Senin 27 Sep 2021 11:03 WIB

BNPB Terus Siapkan Relawan untuk Penguatan Prokes PON Papua

BNPB melakukan penguatan dengan memberikan pembekalan kepada para relawan

Red: Gita Amanda
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P membagikan masker kepada penjual/toko di sekitaran mal Diana Shopping center kota Timika (26/9).
Foto: BNPB
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P membagikan masker kepada penjual/toko di sekitaran mal Diana Shopping center kota Timika (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Relawan protokol kesehatan (prokes) mendapatkan peningkatan kapasitas jelang perhelatan Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Pembekalan yang dilakukan oleh BNPB ini berupa pengetahuan mendirikan tenda yang akan dijadikan gerai masker di beberapa tempat penyelenggaraan.

Hal ini disampaikan Supervisor Satuan tugas (satgas) Prokes Imam Pramukarno sebelum melepas para relawan prokes ke lokasi tempat penyelenggaraan atau venue yang akan mendirikan gerai masker. "Sebelumnya saya akan memberikan peningkatan kapasitas, agar gerai masker dapat segera dibangun dan bisa berjalan," ujar Imam di Posko Subsatgas Kota Jayapura, Ahad (26/9) lalu.

Baca Juga

Para relawan prokes terlihat antusias mendapatkan peningkatan kapasitas ini, mereka mengikuti dengan fokus setiap arahan yang diberikan. Sebagian besar relawan prokes ini terdiri dari para mahasiswa, lembaga dan masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar Kota Jayapura. Lokasi penempatan para relawan prokes di gerai masker juga memperhatikan jarak dari domisili masing-masing untuk mempermudah transportasi.

photo
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P membagikan masker kepada pengendara motor dan pengunjung di sekitaran mal Diana Shopping center kota Timika (26/9). - (BNPB)

 

Sebelumnya para relawan prokes juga telah menerima pembekalan dengan materi berbeda, meliputi pendekatan kepada masyarakat saat pembagian masker dan penerapan disiplin prokes selama kegiatan PON XX Papua berlangsung. Tidak hanya membagikan masker, mereka dilatih untuk menyampaikan imbauan dengan baik dan sopan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin prokes serta menghindari kerumunan.

Sebanyak 125 relawan prokes di Kota Jayapura telah mengikuti kegiatan ini, hingga hari ini Subsatgas Kota Jayapura telah membagikan masker sebanyak 19 ribu buah yang disebar melalui gerakan mobil masker untuk masyarakat dan gerai masker di lokasi venue.

Baca juga : Bupati Mimika Berharap Kehadiran PON Bisa Berdampak Positif

Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, Satgas Prokes yang inisiasi BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional mengharapkan para relawan prokes mampu menyampaikan pesan positif yang hendak diberikan kepada para warga masyarakat. Melalui pesan positif penerapan disiplin prokes, masyarakat dapat menikmati PON XX Papua dengan aman dan terhindar dari virus Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement