Rabu 29 Sep 2021 14:18 WIB

Dekranasda Pontianak Beri UMKM Pelatihan Sospeso

Teknik Sospeso Trasparente dibutuhkan ketekunan.

Red: Fuji Pratiwi
Produk tas karya UMKM (ilustrasi). Dekranasda Pontianak beri UMKM pelatihan Sospeso.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Produk tas karya UMKM (ilustrasi). Dekranasda Pontianak beri UMKM pelatihan Sospeso.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dekranasda Kota Pontianak, Kalimantan Barat melatih dan membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan kreativitas dengan mengadakan pelatihan kerajinan teknik Sospeso Trasparente di Gedung UMKM Center Pontianak.

"Sospeso Trasparente adalah seni kriya yang diciptakan oleh Monica Allegri dari Italia. Seni ini mengolah bahan dasar kain, kertas, tissue bermotif menggunakan plastik mika yang ditempel menggunakan lem kemudian dibentuk menjadi tiga dimensi," kata Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie di Pontianak, Rabu (29/9).

Baca Juga

Dia menjelaskan, membuat kerajinan dengan teknik Sospeso Trasparente dibutuhkan ketekunan untuk menggunting desain yang diinginkan sehingga menarik kemudian diaplikasikan pada barang-barang kerajinan, seperti tas, toples, pigura hingga hiasan dinding. Di Kota Pontianak sendiri, teknik ini belum dikenal begitu luas sehingga Dekranasda Kota Pontianak melihat ini sebagai suatu peluang bisnis yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku kriya.

Dia menambahkan, di era pandemi Covid-19, pelaku kriya harus bisa beradaptasi dan tidak putus asa dalam berinovasi dan mengembangkan kreativitas. "Kita harus jeli melihat permintaan pasar. Sekarang ini permintaan pasar cenderung pada home decor, silahkan pelaku kriya berkreativitas menghasilkan produk home decor," kata Yanieta.

Ia menilai, teknik Sospeso Transparente dapat dikombinasikan dengan kearifan lokal yang ada di Kota Pontianak sehingga nanti akan melahirkan produk yang diminati masyarakat. "Kita punya corak insang, nanti dikombinasikan dengan tas atau kriya yang berasal dari produk bahan alam seperti keladi air dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga : Flu Musiman Diperkirakan Lebih Berat, Begini Mengatasinya

Sementara itu, Pelatih Teknik Sospeso Trasparente, Yutiknowati, mengatakan, teknik Sospeso bisa dikombinasikan dengan semua media baik dari kain, kaca atau mika. Hasilnya tergantung dari kreativitas dan inovasi peserta.

"Kalau kita jual produk biasa dengan harga 70 ribu dengan teknik Sospeso nilai jualnya bisa 300 ribu," kata Yutiknowati.

Dia berharap, usai pelatihan peserta tetap berkomunikasi sehingga saling mendukung. Sebab, produk yang bagus merupakan hasil kolaborasi antarpengrajin.

"Eggak bisa kita buat produk a sampai z. Kita yang nganyam, kita buat tas, kita juga yang memasarkan. sesama pengrajin harus saling membantu," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement