REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang akhir tahun, beberapa e-Commerce berlomba-lomba menawarkan potongan harga untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Tidak terkecuali, aplikasi Traveloka yang untuk kelima kalinya menggelar EPIC Sale.
Berlangsung mulai dari 5 Oktober hingga 11 Oktober 2021, Traveloka EPIC Sale menawarkan potongan harga spesial hingga 80 persen. Selain itu EPIC Sale kali ini berhasil menggandeng 54 ribu mitra yang bergerak di bidang pariwisata mulai dari akomodasi, transportasi, restoran, atraksi, serta produk gaya hidup lainnya seperti salon, layanan kecantikan, taman bermain, hingga Layanan keuangan seperti pembayaran tagihan dan asuransi.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, mengucapkan selamat kepada Traveloka atas penyelenggaraan EPIC Sale 2021 yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata Indonesia, seperti membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menggerakkan ekonomi masyarakat.
“Kami menyambut baik dan mendukung inisiatif Traveloka yang turut menggandeng puluhan ribu pelaku industri parekraf di tanah air ini. Selain mendukung gerakan #DiIndonesiaAja, saya berharap program ini akan menggerakkan ekonomi, membuka lapangan kerja seluas-luasnya sehingga mampu menyejahterakan masyarakat," ungkap Sandiaga.
"Selain itu, program ini juga sejalan dengan tiga strategi kami, yakni Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja) yang diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor parekraf di tanah air", tambahnya.
Co Founder Traveloka Albert mengatakan sebagai perusahaan dengan komitmen jangka panjang untuk memberikan kontribusi positif kepada bangsa, pihaknya melihat inovasi dan kolaborasi merupakan faktor krusial untuk mendukung seluruh ekosistem di sektor pariwisata agar dapat terus tumbuh, bahkan disaat pandemi. Salah satunya yaitu melalui program EPIC Sale.
"Epic Sale yang kami inisiasi, di mana program ini berpusat pada sektor pariwisata yang merupakan salah satu sektor prioritas pendukung pertumbuhan ekonomi nasional.”
Dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi, EPIC Sale kali ini menghadirkan livestream, referral coupon, hingga virtual bazaar yang semakin memudahkan para mitra untuk menjangkau konsumen dan mempromosikan produk maupun layanannya, sehingga diharapkan dapat menciptakan permintaan konsumen. Tak kalah pentingnya, program EPIC Sale juga mengutamakan penerapan safe travel dengan menekankan protokol kesehatan berbasis CHSE yang ketat.
Fitur Traveloka Clean Partners yang juga dihadirkan memungkinkan konsumen untuk secara mudah mengidentifikasi para mitra yang telah menerapkan protokol CHSE maupun mitra yang telah mendapatkan sertifikat CHSE dari Kemenparekraf.
Diadakan untuk kelima kalinya, Albert pun berharap dapat mengulang kesuksesannya dari EPIC Sale sebelumnya. Puluhan ribu mitra Traveloka yang ikut serta pada EPIC Sale awal tahun lalu menyatakan bahwa program ini telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kelangsungan bisnis mereka selama pandemi.
Para mitra mengakui bahwa EPIC Sale tidak hanya membantu meningkatkan eksposur, okupansi, dan pendapatan mereka hingga berkali lipat, tapi juga meningkatkan kepercayaan dan keyakinan para tamu untuk memilih produk dan layanan mereka dengan adanya informasi terkait protokol kesehatan yang mereka terapkan di platform Traveloka.