Rabu 06 Oct 2021 09:04 WIB

Tahun Depan, Escape from Mogadishu Wakili Korea di Oscar

Escape from Mogadishu diangkat dari kisah nyata pelarian diplomat Korea.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Poster film Escape from Mogadishu. Film beranggaran besar ini menjadi yang terlaris di Korea sepanjang 2021.
Foto: Lotte Enterainment
Poster film Escape from Mogadishu. Film beranggaran besar ini menjadi yang terlaris di Korea sepanjang 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Film aksi Escape from Mogadishu akan mewakili Korea Selatan di penghargaan Academy Award alias Piala Oscar tahun depan. Escape from Mogadishu diangkat dari kisah nyata pelarian hidup-mati diplomat Korea Selatan dan Utara selama perang saudara Somalia pada 1990-an.

Dewan Film Korea (KOFIC) mengatakan telah memilih Escape from Mogadishu dari enam film sebagai entri negara untuk kategori film fitur internasional terbaik di 94th Academy Awards. Dalam penghargaan Oscar, setiap negara diminta mengirimkan satu film sebagai perwakilan resminya.

Baca Juga

Pada gelaran Oscar ke-92, film Parasite dari Korea Selatan memenangkan kategori film non-Inggris. Sinema Komedi hitam Bong Joon-ho itu menyapu empat gelar Oscar, termasuk film fitur internasional terbaik dan film terbaik. Parasite menjadi film buatan Korea pertama yang memenangkan Oscar.

"Berdasarkan kisah nyata, Escape from Mogadishu mengesankan penonton dengan aksi dan ketegangan yang berkualitas, dipadukan dengan kisah dramatis dari ketegangan dan kerja sama antar-Korea," kata pernyataan resmi KOFIC, dilansir Yonhap, Selasa (5/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement