Jumat 22 Oct 2021 13:55 WIB

Gerakan BerkAH Dorong Anak Muda Klaten Berkreasi 

Gerakan Berkah akan menggelar dialog di sejumlah daerah

Red: Nashih Nashrullah
Gerakan Berkah akan menggelar dialog di sejumlah daerah
Foto: Dok Istimewa
Gerakan Berkah akan menggelar dialog di sejumlah daerah

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN— Untuk semakin mendorong peran anak muda dalam pemulihan ekonomi masyarakat, sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan BerkAH menggelar dialog publik bersama pakar di Klaten, Jawa Tengah.

Pegiat Ekonomi Kreatif yang juga kiai muda dari Klaten, Jawa Tengah, Muhammad Efendi mengapresiasi isu yang dibawa Gerakan BerkAH yakni ekonomi kreatif yang menjadi peluang bagi anak muda Indonesia di tengah masifnya perkembangan teknologi. 

Baca Juga

“Di era digital ini anak muda harus berani berinovasi dan berkreasi, memanfaatkan keunggulan dan sumber daya yang ada sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakan perekonomian, ini akan menjadi berkah bersama,” ujarnya Rabu (20/10).  . 

Pengasuh Pondok Pesantren Ageng Selo Klaten ini juga menyebutkan salah satu entitas ekonomi kreatif dan UMKM terbesar tentunya adalah pesantren. Potensi pesantren beradaptasi dengan era New Normal dan ekonomi digital sangat tinggi. Dia menceritakan komunitas santrinya yang memiliki skill IT dan desain grafis. Mereka berani memulai buka usaha jual bibit tanaman di masa pandemi bernama ‘Bibit Sewu’ dengan mengajak ibu rumah tangga dan pemuda yang terkena PHK. Dia memanfatkan platform digital dalam pemasarannya dan kini omzetnya mencapai ratusan juta rupiah.