Senin 15 Nov 2021 16:51 WIB

Kisah Lady Rocker Pertama Indonesia Diangkat ke Film

Film dokumenter Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia tayang perdana Senin.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Reiny Dwinanda
Yayasan Terakota meluncurkan film dokumenter Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia, Senin (15/11).
Foto: Yayasan Terakota
Yayasan Terakota meluncurkan film dokumenter Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia, Senin (15/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pencinta lagu rock lawas tentu tak asing dengan nama Sylvia Saartje. Perempuan kelahiran Belanda pada 1956 ini dikenal dengan julukan "Lady Rocker Pertama Indonesia".

Sejarawan FX Domini BB Hera mengatakan, penyebutan "Lady Rocker" kepada Sylvia yang akrab disapa Jippi ini tidak lepas dari penampilannya dalam konser "Aktuil Vacancy Rock" di Gedung Olah Raga (GOR) Pulosari Malang, Jawa Timur pada 27 Desember 1976. Perempuan yang kini menetap di Malang itu menjadi satu-satunya penyanyi rock perempuan yang tampil dalam konser tersebut.

Baca Juga

"Sejak saat itu, insan pers musik Indonesia mengikuti sepak terjangnya hingga membaptis dirinya sebagai "Lady Rocker Pertama Indonesia"," kata Domini yang biasa disapa Sisco ini, Ahad (14/11).

Sesudah 53 tahun bersetia fokus di jalur musik tersebut, Jippi pun menjelma menjadi maestro rock. Kesetiaan itu terlihat dari 240-an syair lirik kreasinya yang siap dilagukan hingga konsep-konsep bisnis dari dunia hiburan.

Selain sebagai penyanyi, Jippi juga sempat menjadi aktris film, pencipta lagu, model, pemain teater, hingga jurnalis. Ia juga pernah menjajal menjadi bintang iklan sampai menjadi duta budaya sebagai delegasi misi seniman Indonesia ke luar negeri.

Dari latar belakang keluarga, Jippi merupakan keturunan blasteran Ambon dan Kabupaten Malang. Orang tuanya yang berbicara dalam bahasa Belanda dalam keseharian memiliki selera musik yang bermacam-macam. Mendapat pengaruh itu, Jippi pun mantap memilih musik rock sebagai panggilan sepanjang hayatnya.

Keluarga Jippi yang mencintai musik kembali ke Indonesia pada 1962. Jippi kecil mulai menyanyi di gereja maupun di sekolah. Pada 1965, Jippi berhasil memenangkan kejuaraan Bintang Radio di RRI Malang (kini Hotel Shalimar).

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement