Rabu 17 Nov 2021 09:35 WIB

Komnas HAM: Rayakan Keberagaman Bangsa

Perbedaan jangan terus menerus dijadikan persoalan. 

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik menyampaikan Festival HAM 2021 mendorong seluruh elemen bangsa dapat bergembira dan mampu merawat keberagaman. Langkah ini demi menumbuhkan rasa saling menghormati antar sesama warga negara.

"Indonesia diproklamirkan para pendiri bangsa sebagai suatu negara bangsa, terdiri dari keberagaman yang senantiasa harus bergerak bersama,” kata Taufan Damanik dalam keterangan pers, Selasa (16/11).

Taufan menyebut, selama 76 tahun kemerdekaan, ternyata masih ada kelompok yang termarjinalkan, terdiskriminasi dan tidak diperlakukan dengan adil. Menurutnya, kondisi itulah yang kemudian menjadi akar konflik hingga hari ini. 

"Dalam pandangan hak asasi manusia prinsip saling menghormati dan saling menghargai merupakan pondasi penting. Hal inilah yang kemudian diusung menjadi gagasan penyelenggaraan even tahunan, Festival HAM," ujar Taufan.

Taufan juga menjelaskan Festival HAM ini bagian dari cara merayakan keberagaman dan perbedaan. Ia menekankan, agar perbedaan jangan terus menerus dijadikan persoalan. 

"Perbedaan justru harus dirayakan dengan kegembiraan karena membuat kita menjadi warna-warni. Tapi syaratnya satu, yaitu saling menghormati. Dalam HAM, filosofi yang paling pokok adalah saling menghormati satu sama lain, tidak ada yang termarjinalkan,” ungkap Taufan.

Dalam implementasinya, lanjut Taufan, Festival HAM mendorong Pemerintah Daerah bersama para pemangku kebijakan lainnya di bidang keagamaan, pendidikan dan organisasi masyarakat untuk berpartisipasi merayakan keberagaman sebagai sebuah berkah agar bergerak bersama.

Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara memandang, Festival HAM 2021 dapat memperkuat peran Pemerintah Daerah serta mendeklarasikan komitmennya dalam memajukan hak asasi manusia. 

“Menjadikan kerangka kerja, komitmen bersama dimana kebijakan dan implementasinya harus sesuai dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia,” ungkap Beka.

Festival HAM tahun ini mengambil tema “Bergerak Bersama Memperkuat Kebinekaan, Inklusi, dan Resiliensi”. Puncak perayaan Festival HAM 2021 diadakan di Semarang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement