Jumat 19 Nov 2021 16:23 WIB

Sebelum Membeli, Simak Tip dan Rekomendasi Tinta Printer

Penggunaan tinta yang tepat dapat menjaga performa dan daya tahan printer.

Red: Gita Amanda
Ada banyak tinta printer yang dijual di pasaran dan menawarkan berbagai keunggulan. (ilustrasI)
Foto: EPA
Ada banyak tinta printer yang dijual di pasaran dan menawarkan berbagai keunggulan. (ilustrasI)

REPUBLIKA.CO.ID, Agar dapat mencetak dokumen dan gambar, printer merupakan perangkat utama. Dalam penggunaannya, kualitas gambar maupun dokumen yang dihasilkan printer sangat dipengaruhi oleh tintanya. Selain dapat meningkatkan kualitas hasil cetakan, penggunaan tinta yang tepat juga dapat menjaga performa dan daya tahan printer.

 

Baca Juga

Ada banyak tinta printer yang dijual di pasaran dan menawarkan berbagai keunggulan. Meskipun memilih tinta printer sepintas terlihat mudah, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Bingung dalam memilih tinta yang cocok? Jangan khawatir karena Blibli akan membagikan tips memilih tinta printer dan memberi rekomendasi produk terbaiknya.

 

Kompatibilitas printer dengan tinta

Ketika memilih tinta printer, Anda harus memperhatikan kompatibilitasnya dengan printer Anda. Pilihlah tinta original dari merek yang sama dengan printer yang Anda gunakan. Selain itu, perhatikan juga tipe printernya. Meski memiliki merek yang sama, setiap jenis printer biasanya menggunakan tinta yang berbeda.

Fakta bahwa tingkat kekentalan tinta yang berbeda satu dengan yang lainnya, akan bisa merusak printer Anda jika tinta yang digunakan tidak sesuai. Perhatikan dan teliti lebih dahulu saat melihat kemasan. Pada kemasan tinta, umumnya akan tertulis tipe dan merek printer yang kompatibel dengan tinta tersebut.

Bentuk pengisian tinta yang cocok dengan printer

Banyaknya jenis printer, seperti printer laserjet, inkjet dan ink tank membuat bentuk tinta yang digunakan untuk setiap jenis printer itu berbeda-beda. Printer inkjet yang lebih banyak digunakan untuk skala kecil, biasanya menggunakan tinta bentuk cartridge. Sayangnya, harga cartridge memang cenderung lebih mahal. Dalam perkembangannya, berbagai merek printer berlomba-lomba merilis printer dengan sistem ink tank.

Printer ink tank memakai jenis tinta yang bisa diisi ulang kembali. Harga tintanya juga lebih ekonomis karena tidak butuh penggantian cartridge. Sedangkan jenis printer laserjet, meski menggunakan sistem cartridge tapi jenis cartridge yang dipakai lebih besar bila dibandingkan dengan printer inkjet.

Cartridge yang digunakan pada printer laserjet disebut dengan toner.

Pahami jenis tinta sesuai dengan hasil akhirnya

Tak cukup hanya memilih tinta yang kompatibel dengan printer, Anda juga perlu memahami berbagai jenis tinta. Hal itu sangat mempengaruhi hasil cetak gambar atau dokumen Anda. Ada tiga jenis tinta yang umum dijual di pasaran, yaitu dye based, durabrite pigment dan tinta solvent.

Tinta dye based berbahan dasar air sehingga bisa mengurangi peluang tersumbatnya printhead cartridge. Harganya paling ekonomis, namun hasil cetakannya tetap cerah. Berbeda dengan jenis tinta dye based, tinta durabrite pigment menghasilkan cetakan yang tahan air dan lebih tajam. Tinta ini cocok untuk mencetak di berbagai media, tak hanya tajam di kertas print biasa tapi juga bagus untuk kertas foto.

Sementara jenis tinta solvent mampu menghasilkan cetakan yang tahan lama meski dipasang di area outdoor atau luar ruangan. Selain tahan terhadap air,  tinta ini juga tahan dengan sinar UV sehingga hasilnya tidak cepat pudar. Tinta ini cocok digunakan untuk mencetak banner atau spanduk.

Pilih tinta original dan perhatikan warna

Ketika melihat harga tinta yang sangat miring, Anda mungkin bisa tergoda. Namun,  Anda harus waspada dan berhati-hati dengan produk itu karena bisa saja tinta printer tersebut tidak original atau palsu. Beberapa produsen tinta yang tidak original atau palsu sering kali mencampur tinta dengan alkohol supaya lebih cepat larut. Nah, kandungan alkohol yang dicampurkan tersebut dapat berisiko merusak printer Anda. Karena itu, pilihlah tinta original yang lebih aman untuk printer kesayangan Anda karena tidak mengandung alkohol.

Ada tinta printer yang dijual satuan perwarna, ada juga yang dijual sepaket dengan warna lainnya. Perhatikan pemilihan warna tinta agar sesuai dengan kebutuhan. Tinta dalam bentuk paket memang  lebih murah. Tapi, jika Anda hanya butuh satu warna, lebih baik pilih tinta yang dijual secara satuan. Sebab, menyimpan tinta printer dalam jangka waktu terlalu lama bisa membuat tinta mengendap sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Nah, agar mendapatkan hasil cetakan yang maksimal dan berkualitas, pastikan Anda menggunakan tinta original. Untuk printer Epson, berikut rekomendasi set tinta yang cocok untuk kebutuhan printer Anda!

Tinta Epson T 664

Tinta Epson T 664 ini tinta original dari Epson dan support untuk printer Epson L565, Epson L1300, Epson L100, Epson L110, Epson L120, Epson L455, Epson L550, Epson L555, Epson L200, Epson L210, Epson L220, Epson L300, Epson L355, Epson L360, Epson L365, Epson L310, Epson L350.

Tinta ini memiliki kapasitas 70 ml dengan warna Black, Yellow, Cyan, dan Magenta. Tinta ini memiliki kualitas tinggi, sangat aman dan tidak merusak printer. Dengan Tinta Epson T 664, Anda bisa lebih menghemat tinta dan mendapatkan kualitas hasil cetak yang sangat tajam. Tinta Epson T 664 ini bisa diandalkan untuk urusan percetakan sehari-hari di rumah maupun kebutuhan kantor.

Epson 001 Set Tinta

Satu set tinta Epson 001 ini digunakan untuk printer Epson L4150, L4160, L6160, L6170, L6190.  Tinta ini memiliki empat set warna yaitu Black, Yellow, Cyan, dan Magenta. Untuk urusan percetakan sehari-hari di rumah maupun kebutuhan kantor, tinta Epson 001 ini bisa diandalkan. Dengan set tinta Epson 001, Anda akan mendapatkan kualitas hasil cetak terbaik dan cocok digunakan untuk Printer Epson yang Anda gunakan.

Itulah daftar rekomendasi  tinta original Epson terbaik untuk Anda. Anda bisa mendapatkan tinta Epson sesuai dengan kebutuhan printer Anda di Blibli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement