Sabtu 20 Nov 2021 20:30 WIB

Jose Wilkson Antar Persebaya Bungkam Madura United 1-0

Persebaya mengakhiri pekan ke-12 Liga 1 di peringkat keenam dengan koleksi 20 poin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Persebaya Surabaya Jose Wilkson melakukan selebrasi usai mencetak gol.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pesepak bola Persebaya Surabaya Jose Wilkson melakukan selebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Persebaya sukses membungkam Madura United pada pekan ke-12 Liga 1, Sabtu (20/11) malam WIB. Dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, skuad Bajul Ijo berhasil menekuk Laskar Sappe Kerrab, 1-0, via gol semata wayang Jose Wilkson.

Madura United tampil menggebrak pada awal babak pertama. Kehadiran pelatih anyar, Fabio Falundes, benar-benar membawa perbedaan dalam performa Laskar Sappe Kerrab.

Baca Juga

Namun, hingga pertengahan babak pertama, Madura United masih belum mampu menembus pertahanan Persebaya. Sepakan Haris Tuharea masih melebar di sisi gawang Persebaya.

Begitu pula dengan kesigapan kiper Persebaya, Ernando Ari, dalam menghalau sepakan dari luar kotak penalti, yang dilepaskan Jaja. Begitu memasuki pertengahan babak pertama, Bajul Ijo secara perlahan berhasil melepaskan diri dari tekanan Madura United.

Pada pengujung babak pertama, Persebaya mampu membangun serangan yang mengancam gawang Madura United. Sayangnya, Jose Wilkson, yang diplot sebagai ujung tombak serangan Persebaya, gagal menyambar bola hasil umpan dari Taisei Marukawa.

Pada sepanjang babak pertama, Madura United terbukti mampu unggul penguasaan bola mencapai 52 persen dan melepaskan 11 tembakan. Kendati begitu, hingga babak pertama usai, Madura United belum berhasil merobek gawang Bajul Ijo.

Namun, gol pertama di laga ini justru mampu dicetak oleh Persebaya, tepatnya saat babak kedua baru berjalan enam menit, Persebaya berhasil mencatatkan keunggulan Madura United. Pelanggaran Asep Berlian terhadap Marselino Ferdinan, yang masuk menggantikan Rendi Irwan, berujung pada hadiah tendangan penalti buat Bajul Ijo.

Jose Wilkson, yang dipercaya menjadi algojo tendangan penalti tersebut, menunaikan tugasnya dengan sempurna. Mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang Madura United, Wilkson sukses mengecoh kiper Madura United, M. Ridho, yang bergerak ke arah sebaliknya.

Upaya Madura United untuk bisa menyamakan kedudukan menemui jalan terjal. Pasalnya, Rafael Silva diusir wasit lantaran menerima kartu kuning kedua pada menit ke-66.

Kehilangan satu pemain membuat pelatih Madura United, Fabio Falundes, melakukan sejumlah pergantian pemain. Samuel Christianson masuk menggantikan Slamet Nurcahyo, kemudian diikuti dengan masuknya Silvio Escobar untuk menggantikan Asep Berlian.

Namun, langkah itu tidak cukup untuk bisa membawa Madura United menyamakan kedudukan. Laskar Sappe Kerrab akhirnya harus puas menelan kekalahan ketiga secara beruntun. Kekalahan ini menjadi awal buruk buat pelatih Fabio Falundes.

Tidak hanya itu, Madura United juga memperpanjang rekor buruk dengan menelan kekalahan di tiga laga beruntun. Sementara buat Persebaya, kemenangan ini memperpanjang rekor tidak terkalahkan di lima laga terakhir.

Selain itu, tambahan tiga angka di laga ini membawa tim besutan Aji Santoso itu naik tiga peringkat di klasemen sementara Liga 1. Bajul Ijo sukses mengakhiri pekan ke-12 Liga 1 di peringkat keenam dengan koleksi 20 poin dari 12 laga.

Susunan Pemain:

 

Persebaya (3-4-3)

Pelatih: Aji Santoso

Kiper: Ernando Ari Belakang: Reva Adi, Satria, Allie Sesay Tengah: Slamat, Adi Setiawan, M Hidayat, Irwan Depan: Bruno, Wilkson, Marukawa

Madura United (4-3-3)

Pelatih: Fabio Falundes

Kiper: M. Ridho Belakang: Rama, Jaime, Jinsung, Djin Tengah: Tuharea, Asep Berlian, Nurcahyo Depan: Gatra, Rafael Silva, Jaja.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement