Senin 22 Nov 2021 08:58 WIB

Belitung Akses Strategis dalam Penyebaran Islam

Belitung pelabuhan singgahan strategis dalam era penyebaran Islam di Nusantara

Red: Muhammad Subarkah
Masjid Jamik, salah satu masjid tua di Beltung.
Foto: Pemda Belitung
Masjid Jamik, salah satu masjid tua di Beltung.

IHRAM.CO.ID, -- Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Bangka dan Belitung kalau di Kepulauan Seribu padanannya Pulau Papateo dan Pulau Dolpin. Ini pulau-pulau yang berpasangan dan saling melindungi. Belitung adik dari Bangka, Dolpin adik Papateo. Tentang kedua pulau terakhir nanti akan muncul di saya berikutnya. 

photo
Keterangan foto: Ornamen makam bertoliskan kalifaat syahadat yang terletak di ketinggian tanah Padang Sapu-sapu, Belitung Utara - (Ridwan Saidi)

 

Rekan muda di Belitung seorang peminat sejarah. Ia bekerja mencari artefak tak kunjung lelah. Baru saja ia temukan makam dengan dua nisan berhadapan.

Ini makam terletak di ketinggian tanah Padang Sapu-sapu, Belitung Utara. Ornamen nisan sangat menarik  (lihat foto di atas). Kalimah  syahadat dalam hija'iyah berada dalam circle  bulat sampurna 360 darjah. Merujuk teks, ini nisan dari abad VII M akhir, setelah tahun 651 M. Time line perubahan script dari Nabatiah ke Hijaiyah.

Temuan saudara Iwan dari Belitung menambah bukti bahwa Islam agama yang pertama masuk Andunisi (Indonesia) dengan bukti penyebaran merata:

1. Nisan Belitung

2. Prasasti Kebon Raja, Bogor

3. Prasasti Tuk Mas, Jawa Tengah

4. Nisan Troloyo, Jawa Timur

5. Nisan Banggai, Sulawesi. 

Semua abad VII M, klaim agama ini itu yang duluan.masuk Andunisi harus dengan pembuktian archaic yang touchable. Bukan dengan bacot.

Dongeng telah jadi trend di jaman sekarang. Mau bikin proyek ini dan itu lebih dulu dongeng yang dikencang-kencengii. Pas proyek jadi, memblé wa katsir masa'il, dan banyak masalah. Ini behaviour gédé bacot. Gédè bacot népa', menular, vertikal dan horizontal.

Kembali ke Belitung, dari banyaknya temuan di Belitung yang belum diidentifikasi, dapat disimpulkan Belitung, dengan posisinya yang strategis, adalah labuhan singgahan, terutama di era Islam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement