Rabu 24 Nov 2021 15:22 WIB

Fakta yang Jarang Terungkap dari Mickey Mouse

Mickey Mouse memiliki fakta sejarah yang kaya dan latar belakang kompleks.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Mickey Mouse.
Mickey Mouse.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Studio Disney dikenal dengan banyak hal. Studio ini memiliki dongeng putri cantik yang bertarung melawan penyihir, pahlawan super Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan kekuatan luar biasa yang menghadapi ancaman akhir alam semesta, hingga serangkaian acara komedi ikonik seputar remaja.

Namun di atas semua kreasi populer yang menjadikan Disney salah satu studio hiburan paling kuat di planet ini, tampak sosok Mickey Mouse masih yang menjadi identik dengan studio itu. Salah satu kreasi Disney yang paling awal, dan karakter yang mendefinisikan perusahaan selama beberapa generasi, Mickey adalah maskot perusahaan yang mendominasi lanskap hiburan. 

Baca Juga

Terlepas dari status ikoniknya, popularitas Mickey saat ini tidak seperti dulu. Hari-hari ini, tikus ikonik lebih dikenal sebagai wajah Disney dibandingkan karakternya sendiri, tetapi dia memiliki sejarah yang kaya dan latar belakang kompleks selama beberapa dekade. Dilansir di Looper pada Rabu (24/11), berikut sejumlah hal tentang karakter kartun Mickey Mouse: 

1. Tangan rahasia di balik kreasi Mickey

Budaya pop menyukai gagasan tentang seorang jenius sentral yang bertanggung jawab seorang diri atas keberhasilan seluruh perusahaan. Namun kenyataannya, Steve Jobs membutuhkan Steve Wozniak untuk membuat komputer Apple pertama, dan Stan Lee membutuhkan Jack Kirby untuk membuat begitu banyak karakter ikonik Marvel Comics.

Bagaimana dengan kreasi Mickey Mouse? Ini adalah fakta yang terkenal bahwa sosok Walt Disney menciptakan desain Mickey Mouse selama perjalanan kereta kembali dari pertemuan bisnis, yang tidak berjalan dengan baik. Selama salah satu momen terendahnya, Disney memikirkan gagasan tentang karakter tikus yang pada akhirnya akan menjadi Mickey.

"Dia muncul dari benak saya di atas kertas gambar 20 tahun yang lalu dalam perjalanan kereta api dari Manhattan ke Hollywood," kata Disney dalam esai pada 1948.

Dia membawa sketsa awal kasarnya ke teman dan mitra bisnisnya, Ub Iwerks, animator legendaris yang bertanggung jawab atas banyak inovasi masa depan yang dibawa oleh perusahaan Disney di industri. Iwerks mengolah dan menyempurnakan sketsa mouse yang telah diserahkan kepadanya menjadi desain ikonik yang saat ini dikenal di seluruh dunia. Akhirnya, istri Walt Disney, Lillian, yang menyarankan agar nama tikus itu diubah dari Mortimer menjadi Mickey, dan lahirlah legenda itu.

2. Salah satu kartun pertama yang memiliki suara

Animasi telah berkembang jauh, sampai pada titik di mana sulit untuk membedakan antara kehidupan nyata dan kartun. Sebagian besar dasar di bidang animasi diletakkan oleh Walt Disney dan studionya. Mickey Mouse berada di garis depan pekerjaan itu sebagai karakter utama Disney.

Setelah memahami karakter itu, Disney menciptakan film pendek yang berpusat di sekitar Mickey pada 1928 yang disebut Plane Crazy dan The Gallopin' Gaucho. Sayangnya, tidak ada yang berhasil menarik minat di antara distributor, dan itu diam-diam tetap disimpan. Disney lantas membuat film pendek hitam-putih baru untuk Mickey Steamboat Willie yang ikonis, yang menampilkan Mickey sebagai kapten roda samping sungai uap. Disney menampilkan semua suara dalam waktu singkat, termasuk suara Mickey.

Kartun itu langsung menjadi hit dengan banyak penonton. Untuk membuatnya menonjol dari kompetisi, Disney menambahkan suara yang disinkronkan ke Steamboat Willie, serta soundtrack pasca-produksi sepenuhnya. Ini adalah praktik yang sangat langka untuk kartun pada saat itu. Steamboat Willie kemudian menjadi proyek penting bagi Disney dan dunia animasi.

3. Mickey adalah pengganti Oswald the Rabbit

Saat ini, hubungan Mickey Mouse dengan Disney mungkin tampak seperti nasib atau takdir.  Namun, kenyataannya adalah proses kreatif sebagian besar adalah untung-untungan, dan Mickey bukanlah karakter pertama yang dianggap Disney sebagai batu untuk membangun kerajaannya. Penghargaan itu diberikan kepada Oswald the Lucky Rabbit.

Pada 1927, Disney menciptakan Oswald untuk Universal Pictures. Karakter itu ditampilkan dalam banyak film pendek animasi yang dirilis ke bioskop dari 1927 hingga 1938. Melalui Oswald, Disney menjelajahi genre animasi kepribadian yang saat itu belum tersentuh, di mana kartun memiliki ciri-ciri karakter khusus dan alur emosional yang dapat dipercaya.

Kartun Oswald sangat populer, tetapi Disney mendapat sedikit keuntungan karena Universal yang memiliki hak cipta. Akibatnya, dia meninggalkan Universal dan muncul dengan Mickey Mouse sebagai pengganti Oswald, karakter yang Disney memiliki kendali penuh kreatif dan finansial. Pada 2006, Walt Disney Studios memperoleh hak atas Oswald dari perusahaan induknya. Karakter itu muncul dalam video game Disney 2010 Epic Mickey, di mana dia terbukti merasa ditinggalkan oleh Disney dan iri pada Mickey Mouse.

4. Undang-Undang Perlindungan Mickey Mouse

Disney adalah perusahaan terkenal yang memiliki kesadaran hukum menjaga konten berhak ciptanya. Perilaku seperti ini bukanlah hal baru. Karena Mickey Mouse adalah wajah perusahaan, Disney telah berusaha keras untuk mempertahankan hak cipta penuh atas karakter yang berasal dari penampilan awalnya.

Undang-Undang Perpanjangan Istilah Hak Cipta digunakan untuk memperpanjang hak cipta di Amerika Serikat (AS) selama beberapa dekade melewati titik, di mana kepemilikan hak cipta atas sebuah karya kreatif seharusnya kedaluwarsa dan karya tersebut menjadi bebas untuk digunakan. Sejak 1990, perusahaan Walt Disney telah terlibat dalam pengajuan perpanjangan hak cipta. Berkat upaya itu, anggota parlemen memutuskan untuk menunda masuknya film Mickey Mouse paling awal ke domain publik. Karena menonjolnya kasus ini, Undang-Undang Perpanjangan dijuluki The Mickey Mouse Protection Act.

5. Bertemu saingannya, Bugs Bunny

Dalam dunia Disney, Mickey Mouse memegang tempat suci sebagai wajah perusahaan. Namun, Mickey bukan satu-satunya karakter kartun ikonik di dunia. 

Banyak studio lain telah menciptakan karakter animasi mereka sendiri yang sangat populer, yang datang untuk menyaingi dominasi Mickey, seperti Bugs Bunny, kelinci cerdik yang melakukan apa yang tidak bisa dilakukan Oswald the Rabbit, menantang popularitas Mickey.

Tentu saja, Bugs dimiliki oleh Warner Bros., dan akibatnya, kecil kemungkinan dia bertemu dengan Mickey Mouse Disney kecuali dalam imajinasi para penggemar. Tapi film klasik Disney 1988 Who Framed Roger Rabbit berhasil membuat hal yang mustahil terjadi.

Steven Spielberg berperan sebagai produser untuk proyek tersebut, dan dia dapat menggunakan koneksinya untuk meyakinkan Warner Bros untuk meminjamkan Bugs Bunny kepada mereka sebagai kameo kecil dalam film tersebut. Warner menyetujui ketentuan bahwa Bugs hanya muncul berlawanan dengan Mickey dan keduanya akan memiliki waktu layar yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement