Jumat 26 Nov 2021 08:37 WIB

Bantuan Susu untuk Atasi Kasus Stunting di Jakarta Timur

Data 73 puskesmas kelurahan menemukan, sebanyak 413 kasus stunting di Jaktim.

Red: Erik Purnama Putra
Penyerahan bantuan susu untuk mengatasi stunting balita di wilayah Jakarta Timur.
Foto: Ist
Penyerahan bantuan susu untuk mengatasi stunting balita di wilayah Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang diadakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapati prevalensi gizi buruk dan gizi kurang pada anak balita di Indonesia mencapai 17,7 persen. Sedangkan stunting mencapai 30,8 persen, yang berarti tiga dari 10 anak Indonesia mengalami tumbuh kerdil.

Sementara itu, berdasarkan data puskesmas di wilayah Jakarta Timur (Jaktim), ditemukan sebanyak 413 kasus stunting dari 73 puskesmas kelurahan. Selain itu, tercatat ada 1.208 kasus gizi kurang dari 71 puskesmas kelurahan di Jaktim.

Baca Juga

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) pun berpartisipasi mendukung pemerintah dalam upaya membantu menekan angka stunting di Jaktim. FFI menyalurkan donasi dua ton susu bubuk pertumbuhan Susu Bendera yang diserahkan secara simbolis oleh Corporate Affairs Director PT FFI Andrew F Saputro kepada Ketua Tim Penggerak PKK Jaktim Diah Anwar beserta Sekretaris Kota Jaktim Fredy Setiawan di kantor Wali Kota (Walkot) Jaktim, Kamis (25/11).

Dalam sambutannya secara virtual, Walkot Jaktim Muhammad Anwar, mengapresiasi upaya FFI dalam upaya menekan angka stunting di wilayahnya melalui donasi dua ton Susu Bendera. Bantuan tersebut nantinya disalurkan kepada para balita yang membutuhkan di Jaktim.

"Bantuan ini merupakan wujud kolaborasi serta tanggung jawab PT Frisian Flag Indonesia untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak. Insya Allah bantuan dari Susu Bendera ini sangat bermanfaat bagi balita di Kota Administrasi Jakarta Timur,” kata Anwar dalam siaran.

Andrew F Saputro menuturkan, kolaborasi dari berbagai pihak merupakan kunci dalam upaya menekan angka stunting di Indonesia. FFI ikut mendukung penuh upaya Pemkot Jaktim dalam mengentaskan stunting di wilayahnya. Penyaluran donasi itu, kata dia, merupakan bentuk komitmen FFI dalam upaya memberikan gizi yang baik bagi masyarakat, sesuai visi perusahaan 'Nourishing by Nature'.

Pasalnya, susu merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik yang mudah diserap tubuh yang dapat membantu meningkatkan status gizi anak-anak Indonesia. Kami berharap melalui donasi ini dapat membawa manfaat bagi anak-anak yang membutuhkan dan dapat diduplikasi oleh banyak pihak, demi mewujudkan Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras,” kata Andrew.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement