Kamis 02 Dec 2021 09:46 WIB

Tenar di TikTok, Dokter Bedah Plastik Australia Kena Kasus

Izin praktik dokter bedah plastik di Australia ditinjau setelah terlibat kasus berat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Dr Daniel Aronov, ahli bedah plastik di Australia telah dilarang berpraktik sebagai dokter bedah setelah terbukti melakukan praktik yang membahayakan nyawa pasien.
Foto:

Aronov adalah dokter umum yang pindah ke bidang bedah kosmetik karena lebih menggiurkan secara finansial. Di bawah peraturan Australia, siapa pun dengan gelar medis dasar, termasuk dokter umum atau dokter kulit, dapat menyebut diri mereka ahli bedah kosmetik.

Hal itu diperkenankan meskipun mereka bukan ahli bedah spesialis terdaftar. Untuk menjadi spesialis bedah plastik, dokter di Australia harus menjalani delapan hingga 12 tahun pelatihan bedah pascasarjana.

Sejak hasil investigasi tersebut terkuak pada akhir September lalu, lebih dari 140 pasien muncul dengan cerita mengerikan tentang pengalaman mereka di klinik. Keadaan darurat medis terbaru di Rumah Sakit St Vincent terjadi dua pekan setelah penyelidikan bersama mengungkapkan Aronov telah memfilmkan peragaan ulang darurat medis terpisah yang melibatkan pasien lain, Suzanne Steward.

Steward dilarikan ke rumah sakit dengan paru-paru tertusuk setelah prosedur sedot lemak awal tahun ini di klinik Dr Lanzer di Melbourne.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement