Ahad 12 Dec 2021 19:01 WIB

Liga 1: Frets Butuan Pastikan Kemenangan Persib atas Persik

Persib mengalahkan Persik 1-0 dan menempel Bhayangkara di puncak klasemen Liga 1.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Winger Persib Bandung Frets Butuan (kanan) merayakan golnya ke gawang Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1.
Foto: Dok Persib
Winger Persib Bandung Frets Butuan (kanan) merayakan golnya ke gawang Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Persib Bandung berhasil mengamankan poin penuh dalam laga pekan ke-17 Liga 1 2021/2022. Persib menaklukkan Persik Kediri 1-0 

di Stadion Sultan Agung, Bantul, Ahad (12/12) petang lewat gol Frets Butuan. Hasil ini membawa Maung Bandung sementara di posisi kedua menempel ketat Bhayangkara FC di puncak klasemen sementara. 

Baca Juga

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menurunkan formasi 4-3-3 untuk memberikan tekanan sejak menit awal. Pola ini efektif menghasilkan peluang di menit kedua lewat skema serangan dari sisi kiri. 

Wander Luiz yang dipasang sebagai ujung tombak beberapa kali mengancam pertahanan Persik. Namun, usaha tersebut masih gagal membuahkan hasil. Begitu juga percobaan dari Frets yang berdiri sebagai winger kiri. 

Usaha Persib akhirnya menemukan titik terang ketika Frets berhasil merobek jala Persib lewat sepakan dari dalam kotak penalti di menit ke-18. Kiper Persik Kediri, Dikri Yusron harus mengambil bola dari gawangnya sendiri akibat kesalahannya dalam menguasai situasi. 

Persik Kediri tampil bukan tanpa kesempatan. Skuad berjuluk Macan Putih itu sempat merepotkan pertahanan Persib lewat pergerakan Youssef Ezzejjari. Akan tetapi, kiper Persib, Teja Paku Alam berhasil membendung gempuran lawan. 

Maung Bandung menerapkan pertahanan ketat yang membuat Youssef Ezzejjari tak berkutik. Upayanya dan rekan-rekan setim, gagal melewati benteng pertahanan lawan yang dikawal Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Persib.

Di paruh kedua, Persib tak mengendurkan tempo permainan. Robert memasukkan Esteban Vizcarra dan Abdul Aziz untuk mengganti Marc Klok dan Erwin Ramdani demi menaikkan intensitas serangan.

Gerak-gerik Esteban membuat pola serangan semakin terstruktur. Ia dan Wander Luiz membuat tiga bek tengah Persik, Andri Ibo, Silva, dan Prahalabenta susah payah mencegah gawang mereka kembali kebobolan.

Terlebih lagi, Persib juga mengeksplorasi sisi samping melalui tusukan Frets dan Febri Haryadi dari kiri dan kanan. Esteban hampir mencatatkan namanya di papan skor andai tandukannya tidak menyamping.

Umpan silang terus dipakai Persib untuk menambah gol. Esteban juga berusaha menjebol gawang lawan melalui tandukannya. Namun, usaha itu mampu diblok oleh pertahanan Persik.

Perjuangan Persik semakin sulit karena Septian Bagaskara harus diusir wasit akibat kartu kuning kedua yang ia terima di menit ke-89.

Skor 1-0 tidak berubah hingga akhir laga. Tiga poin yang dipetik Frets dan kawan-kawan membuat Persib mempertahankan peringkat kedua dengan 34 poin. Mereka kini berselisih tiga angka dari Bhayangkara FC yang memuncaki klasemen sementara.

Sebaliknya bagi Persik, kekalahan membuat mereka terancam kembali ke jurang degradasi. Mereka saat ini mengantongi 17 angka, berselisih tiga poin dari zona merah.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement