Selasa 14 Dec 2021 18:30 WIB

Mengapa Sholat Istikharah Penting?

Nabi Muhammad mengajarkan para sahabat untuk sholat istikharah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Mengapa Sholat Istikharah Penting?. Foto: Gerakan sholat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Mengapa Sholat Istikharah Penting?. Foto: Gerakan sholat saat sedang bersujud (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jabir bin `Abdillah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW biasa mengajarkan para sahabat untuk melakukan Sholat Istikharah dalam segala hal. Hal ini sebagaimana beliau mengajarkan mereka surah Alquran.

Rasulullah SAW berkata, “Jika kamu hendak mengambil keputusan, sholatlah dua rakaat di luar shalat wajib, lalu ucapkan, 'Ya Allah! Aku mencari hidayah karena ilmu-Mu, aku mencari kemampuan karena kekuasaan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang besar. Karena Engkau memiliki kuasa, dan saya tidak. Anda tahu, dan saya tidak. Engkau Maha Mengetahui segala yang tersembunyi.

Baca Juga

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini baik untukku dalam imanku, kehidupan duniawi, dan akhirat, maka mudahkan aku, wujudkan, dan berkahi aku melaluinya.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini buruk bagi saya dalam iman saya, kehidupan duniawi, dan akhirat, maka jauhkan dari saya dan jauhkan saya darinya, maka jadikanlah untuk saya kebaikan di mana pun itu berada, dan buatlah saya puas. “ (Al-Bukhari)