Selasa 14 Dec 2021 20:42 WIB

Kasus Positif Covid-19 Kian Mengancam Liga Inggris

Liga Primer Inggris mengumumkan 42 kasus positif Covid-19 pada 13 Desember.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Liga Primer Inggris
Foto:

Rekor tertinggi 42 kasus menempatkan Liga Primer dalam posisi genting menuju periode pertandingan yang sibuk. Daily Mail melaporkan klub-klub khawatir akan penundaan massal, dengan empat putaran pertandingan dijadwalkan antara sekarang dan akhir Desember.

Tidak mengherankan, Liga Premier telah menulis surat kepada klub yang memberi tahu mereka bahwa tindakan darurat telah diterapkan.

Langkah darurat yang diterapkan, yakni:

1. Peningkatan frekuensi tes Covid-19 kepada pemain dan staf

2. Mengenakan masker saat di dalam ruangan

3. Mematuhi jaga jarak

4. Membatasi waktu perawatan

Kembali pada bulan Oktober, Liga Primer Inggris mengungkapkan 69 persen pemain telah divaksinasi lengkap, dengan 81 persen menerima dosis pertama mereka, sementara sebulan sebelumnya Sky Sports News melaporkan kekhawatiran atas upaya vaksin liga yang lambat.

Kekhawatiran itu tetap terkait dengan peningkatan baru-baru ini, dan juga akan ada dorongan bagi pemain yang memiliki jadwal sibuk untuk menerima booster dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, untuk menghadiri pertandingan Liga Premier mulai 15 Desember, penonton sekarang harus menunjukkan bukti vaksinasi ganda melalui aplikasi NHS Covid, atau bukti tes negatif yang diambil dalam 48 jam sebelumnya.

Ini adalah persyaratan untuk menghadiri acara olahraga apa pun di Inggris dengan kerumunan lebih dari 10 ribu orang, sebuah tindakan yang diumumkan Perdana Menteri Boris Johnson sebagai bagian dari 'rencana B' pemerintah untuk memerangi penyebaran varian Omicron dari Covid-19.

Penumpukan jadwal pertandingan Liga Inggris

Tottenham, yang pertandingannya di Burnley pada akhir November juga ditunda karena cuaca, sekarang memiliki dua pertandingan untuk dimasukkan ke dalam jadwal mereka. Sementara pertandingan Liga Konferensi Eropa mereka yang ditunda melawan Rennes tidak akan dijadwal ulang.

Pertandingan mereka berikutnya adalah di Leicester pada 16 Desember dan mereka kemudian menjamu Liverpool pada 19 Desember menjelang perempat final Piala Carabao melawan West Ham tiga hari kemudian.

Chelsea, yang saat ini tidak terkena dampak langsung dari penangguhan Covid, memiliki jadwal pertandingan sendiri yang harus dihadapi karena partisipasi mereka di Piala Dunia Antarklub.

Chelsea bisa pergi hampir sebulan tanpa memainkan pertandingan Liga Premier karena turnamen di UEA antara 3-12 Februari. Perjalanan Chelsea ke Brighton pada 8 Februari dan pertandingan kandang melawan Arsenal pada 12 Februari akan diatur ulang, dengan pertandingan harus dimainkan di akhir musim.

Enam pertandingan Liga Inggris harus ditunda musim lalu karena Covid. Ada desas-desus tentang 'pemutusan sirkuit' penangguhan liga setelah wabah pada bulan Desember dan Januari, tetapi penundaan dibatasi untuk periode satu bulan.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement